Tidak Cukup Pengalaman: Kepuasan adalah Kunci Niat Membeli Kembali Makanan Sehat

Authors

  • Muhammad Mathori Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Budi Sutiono Pratama Nugraha Universitas Nahdlatul Ulama
  • Suhada Universitas Nahdlatul Ulama

Keywords:

Kualitas Pengalaman, Kepuasan Konsumen, Niat Pembelian Ulang, Makanan Sehat, Teori SOR.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas pengalaman terhadap niat untuk membeli makanan sehat lagi, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Industri makanan sehat di Indonesia berkembang pesat, sehingga memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan sangat penting. Teori Stimulus-Organism-Response (SOR) digunakan sebagai kerangka konseptual untuk menganalisis bagaimana kualitas pengalaman (stimulus) mempengaruhi kepuasan konsumen (organisme), yang pada gilirannya berdampak pada niat untuk membeli kembali (respons). Riset kuantitatif dengan desain survei dilakukan terhadap 586 responden yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia. Data dianalisis menggunakan SmartPLS untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengalaman tidak secara langsung mempengaruhi niat untuk membeli kembali, tetapi efeknya sepenuhnya dimediasi oleh kepuasan konsumen. Temuan ini menyiratkan bahwa perusahaan makanan sehat perlu fokus pada penciptaan kepuasan end-to-end melalui dimensi rasa, nilai kesehatan, layanan, dan keselarasan dengan gaya hidup sehat untuk membangun loyalitas jangka panjang.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Muhammad Mathori, Budi Sutiono Pratama Nugraha, & Suhada. (2025). Tidak Cukup Pengalaman: Kepuasan adalah Kunci Niat Membeli Kembali Makanan Sehat. Journal Financial, Business and Economics, 3(1), 42–59. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/fe/index.php/j-fine/article/view/38