Journal of Nusantara Education
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED
<p><strong>JONED: Journal of Nusantara Education</strong> (<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210821201447155" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN 2807-436X</a>) is a peer-reviewed open access scholarly journal published by the Faculty of Education<strong>, </strong>Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. This journal is abstracted and indexed by <a href="https://scholar.google.com/citations?user=ojRqEDoAAAAJ&hl=en&authuser=3" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a><strong>,</strong> <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/25337" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>, <a href="https://search.crossref.org/?q=+2807-436X&from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a>, <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&and_facet_source_title=jour.1448838" target="_blank" rel="noopener">Dimensions</a><strong>,</strong> <a href="https://onesearch.id/Search/Results?lookfor=universitas+nahdlatul+ulama+yogyakarta&type=AllFields&filter%5B%5D=institution%3A%22Universitas+Nahdlatul+Ulama+Yogyakarta%22&filter%5B%5D=collection%3A%22Journal+of+Nusantara+Education%22" target="_blank" rel="noopener">OneSearch</a>, <a href="https://www.neliti.com/journals/joned" target="_blank" rel="noopener">Neliti.com</a>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?lookfor=journal+of+nusantara+education&name=&oaboost=1&newsearch=1&refid=dcbasen" target="_blank" rel="noopener">Base</a>, <a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=124937" target="_blank" rel="noopener">Copernicus</a>, <a href="https://journalstories.ai/journal/search/Journal%20of%20Nusantara%20Education" target="_blank" rel="noopener">JournalStories</a>, <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2807-436X" target="_blank" rel="noopener">ROAD</a>, and <a href="https://moraref.kemenag.go.id/archives/journal/99226966393151815" target="_blank" rel="noopener">Moraref</a>. The journal has been a member of <strong>Crossref</strong> (Prefix: <strong>10.57176</strong>). It publishes manuscripts of research in relation to educational science, language education, early childhood education, primary education, secondary education, and higher education. Submitted papers can be written in English, Bahasa Indonesia or other international languages for the initial review stage by editors and further review process by our reviewers. Journal of Nusantara Education publishes its issues biannually, in September and April.</p>en-US[email protected] (Adhan Kholis, S.Pd.I., M.Pd.)[email protected] (Hidar Amaruddin, M.Pd.)Wed, 13 Sep 2023 00:00:00 +0000OJS 3.3.0.7http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Efektivitas Model Pembelajaran PBL terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas I SD
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/61
<p>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas PBL terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Bab 5, Teman Baru pada peserta didik Kelas I SD Negeri Wonotingal di Semester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis <em>One Group Pretest Posttest Design</em>. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas memberikan perlakuan terhadap objek penelitian dengan PBL. Objek penelitian ini sebanyak 27 anak, terdiri dari 13 putra dan 14 putri. Objek penelitian dibagi menjadi 9 kelompok kecil, terdiri dari 3 anggota dan komposisi anggota yang berbeda-beda dalam setiap pertemuan pembelajaran. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah soal ulangan harian, terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal isian. Analisis data penelitian ini adalah uji prasyarat, uji beda dan N Gain. Uji prasyarat dengan Uji <em>Shapiro Wilk </em>untuk menguji normalitas distribusi data. Uji beda dengan <em>Paired Sample t Test </em>untuk menguji ada tidaknya perbedaan rata-rata antara dua sampel yang saling berpasangan. N Gain untuk menguji efektivitas penggunaan perlakuan. Hasil penelitian ini adalah PBL cukup efektif terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Data <em>Pretest</em> dan <em>Posttest </em>termasuk normal dengan signifikansi pada <em>Pretest</em> (0,107) dan <em>Posttest </em>(0,1) yang lebih besar daripada 0,05. Prestasi belajar pada <em>Pretest</em> sebesar 54,44 dan <em>Posttest </em>sebesar 77,41. Dengan demikian, ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan sesuai dengan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,05 dan korelasi sebesar 0,953. Sedangkan rata-rata dari skor N Gain sebesar 0,5667, sehingga termasuk kategori sedang dan persentase dari N Gain sebesar 56,666%, sehingga termasuk cukup efektif.</p> <p>____________________________________________________________________________________________________________________________________</p> <p> </p> <p><em>The purpose of this research was to find out the effectiveness of PBL to the first-grade students’ of Wonotingal 1 Elementary School learning achievement, Indonesian Language, Chapter V, the new friends, on the second semester of 2022/2023 academic year. This research was an experiment with the One Group Pretest Posttest Design. The researcher collaborated with the class teacher and gave the treatment to the objects of this research with PBL. The objects of this research were 27 children; consisting of 13 boys and 14 girls. The objects of this research were divided into 9 small groups; consisting of 3 members and different composition in each learning. The tool of collecting data of this research was the daily test, consisting of 5 multiple choices questions and 5 short entry questions. The data analysis of this research is the precondition test, the difference test and N Gain. The precondition test used the Shapiro Wilk test to test the normality of the data distribution. The difference test used the</em><em> Paired Sample t Test</em><em> to test whether any difference between the two </em><em>Paired Samples. </em><em>N Gain to test the effectiveness of the treatment. The result of this research was PBL effective enough to the Indonesian Language learning achievement. The Pretest and Posttest data were normal with Pretest significance (0,107) and Posttest significance that bigger than 0,05. The learning achievement for the Pretest was 54,44, and the Posttest was 77,41. There was a significant difference, according the significance that smaller than 0,05 and the correlation as 0,953. Meanwhile, the mean of N Gain score is 0,5667, including as middle category and the N Gain percentage is 56,666%, including as effective enough.</em></p>Yerlina Oktavianita Ardi, Agnita Siska Pramasdyahsari, Farida Nursyahidah, Lilik Poncowati
Copyright (c) 2023 yerlina, Agnita Siska Pramasdyahsari, Farida Nursyahidah, Lilik Poncowati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/61Wed, 13 Sep 2023 00:00:00 +0000Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Pijenan
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/72
<p>Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ma'arif Pijenan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain <em>Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest</em>. Subjek penelitin ini adalah siswa kelas III MI Ma’arif Pijenan dengan jumlah 24 siswa. Instrumen penilaian berupa tes kognitif yang terdiri dari soal esai dan uraian. Sebelum penggunaan media terlebih dahulu diberikan soal <em>pretest</em> terkait materi pelajaran yang akan disampaikan. Setelah siswa mengerjakan soal <em>pretest</em> dilanjutkan dengan guru memberikan <em>treatment</em> yaitu menyajikan sebuah pembelajaran yang melibatkan alat peraga di dalamnya. Hasil analisis tes kognitif dan uji <em>paired samples t-test</em> menunjukkan adanya korelasi antara kedua set data hasil uji menyatakan koefisien korelasi sebesar 0,690 dengan signifikansi 0,000, hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada korelasi antara kedua pasangan data tersebut selanjutnya pada tabel selanjutnya diketahui nilai t yaitu -16.504 dengan signifikansi (2-tailed) bernilai 0.000. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Lebih lanjut, Hasil ini menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai <em>pretest</em> dan nilai <em>postest.</em> Selanjutnya, karena nilai t yang negatif bermakna bahwa secara keseluruhan, nilai posttest lebih baik dibandingkan nilai pretest. Dengan demikian, penggunaan alat peraga matematika dalam pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.</p> <p>__________________________________________________________________________________________________________________________________</p> <p><em>This research was conducted to determine the effect of using mathematics teaching aids on the learning outcomes of third grade students at MI Ma'arif Pijenan. The method applied in this study </em><em>wa</em><em>s a quantitative approach with the Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest design. The subjects of this study were class III MI Ma'arif Pijenan students with a total of 24 students. The assessment instrument </em><em>wa</em><em>s a cognitive test consisting of essay questions and descriptions. Before using the media, pre-test questions related to the subject matter to be delivered are first given. After students work on the pre-test questions, it is continued with the teacher giving treatment, namely presenting a lesson that involves teaching aids in it. The results of the analysis of cognitive tests and paired samples t-test showed that there was a correlation between the two data sets. The test results stated a correlation coefficient of 0.690 with a significance of 0.000, this indicated that there was no correlation between the two data pairs. In the next table, it is known that the value of t is - 16,504 with a significance (2-tailed) value of 0,000. These results indicate that there is a significant difference between the pretest and posttest values. Furthermore, these results illustrate that there is a significant difference between the pretest scores and posttest scores. Furthermore, because the t value is negative, it means that overall, the posttest score is better than the pretest value. Thus, the use of mathematical teaching aids in learning has an influence on student learning outcomes.</em></p>Nensi Kusumandari, Heru Purnomo
Copyright (c) 2023 Nensi Kusumandari, Heru Purnomo
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/72Wed, 13 Sep 2023 00:00:00 +0000English Learning Styles of the Eleventh Grade Students in SMA Negeri 07 Kendari
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/81
<p style="text-align: justify;"><em><span style="font-size: 11.0pt; color: #252525;">This study aimed to find out the English learning styles of the eleventh-grade students in SMA Negeri 07 Kendari and the contribution of students learning styles to English achievement. Those learning styles were visual, auditory, read/write, and kinesthetics. This study applied a quantitative approach under the survey research design. The sample for this study was 84 students of grade 11 in SMA Negeri 07 Kendari, who were divided into 4 classes. A closed-ended questionnaire was used to collect the data. This study used descriptive statistics and simple linear regression to analyze the data. The results of this study showed that the majority of grade 11 students in SMA Negeri 07 Kendari used auditory learning as their major English learning style preference. Meanwhile, visual learning was their minor English learning style preference. Followed by read-write and kinesthetics learning styles. There was a significant relationship between the students’ learning styles and their English achievement, with the significance value (Sig.) being 0.000 smaller than the probability of 0.05, and the contribution of the students’ learning styles to the English achievement of the eleventh-grade students in SMA Negeri 07 Kendari was 30%. The R square value is 0.300. It means that learning style is not the main factor contributing to the students’ academic achievement.</span></em></p> <p style="text-align: justify;"><em>_________________________________________________________________________________________________________________________________________</em></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar bahasa Inggris siswa kelas sebelas di SMA Negeri 07 Kendari dan kontribusi gaya belajar siswa terhadap prestasi bahasa Inggris. Gaya belajar tersebut adalah visual, auditori, baca/tulis, dan kinestetik. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Sampel penelitian ini adalah 84 siswa kelas 11 SMA Negeri 07 Kendari yang terbagi dalam 4 kelas. Kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas 11 SMA Negeri 07 Kendari menggunakan pembelajaran auditory sebagai preferensi gaya belajar bahasa Inggris utama mereka. Sementara itu, pembelajaran visual merupakan preferensi gaya belajar bahasa Inggris minor mereka. Dilanjutkan dengan gaya belajar baca/tulis dan kinestetik. Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dan prestasi bahasa Inggris mereka, dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05, dan kontribusi gaya belajar siswa terhadap prestasi bahasa Inggris siswa kelas sebelas di SMA Negeri 07 Kendari sebesar 30%. Nilai R Square sebesar 0,300. Artinya, gaya belajar bukanlah faktor utama yang berkontribusi terhadap prestasi akademik siswa.</p>Azwan Hepriansyah
Copyright (c) 2023 Azwan Hepriansyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/81Wed, 13 Sep 2023 00:00:00 +0000What Makes a Good Teacher of English as a Foreign Language?
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/80
<p>Even though English has become the most preferred language to learn in Indonesia, learners often face difficulties in learning it. These difficulties are often caused by the teacher's role because being a teacher of English as a foreign language is certainly not an easy thing. Therefore, to avoid these difficulties, this article aims to evaluate what makes a good English teacher a foreign language. In this article, the background is the researcher's experience when he became an English teacher at the Unity School High School (SMA), which is located in Central Park, Grand Galaxy City, Jaka Setia, Kec. South Bekasi, Bekasi City, West Java. The researcher has been teaching English for several years at this international school where the students have high motivation in learning English. Researchers took a sample of 30 students. Researchers used the observation method in the data collection process and applied qualitative methods in the data analysis process. The approach method used for students was an introspective method, namely self-evaluation of the difficulties faced by students. The results showed that the students might face some difficulties in learning English caused by the teacher himself, such as irrelevant material, lack of creativity, and lack of emphasis on active communication. Teachers who didn’t pay attention to the individual needs of students, don't motivate them, and don't involve them in learning can also be a problem. The solution was to adopt a teaching approach that is more diverse, adaptive and responsive, and focuses on real communicative situations to improve students' English skills. Some of the teaching methods used by the teacher may not suit the conditions of the students and need to be changed. In conclusion, this research emphasizes that becoming a proficient English teacher involves more than just mastering the language itself; teachers must also have additional attributes to be effective in conveying knowledge to students.</p> <p>_______________________________________________________________________________________________________________________________</p> <p>Meskipun Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang paling disukai untuk dipelajari di Indonesia, para pembelajar sering menghadapi kesulitan dalam mempelajarinya. Kesulitan-kesulitan tersebut sering kali disebabkan oleh peran guru itu sendiri karena menjadi seorang guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing tentu bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, untuk menghindari timbulnya kesulitan-kesulitan tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi apa yang membuat seorang guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang baik. Dalam artikel ini, melatarbelakangi pada pengalaman peneliti pada saat menjadi guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas (SMA) Unity School, yang berlokasi di Central Park, Grand Galaxy City, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Peneliti telah mengajar Bahasa Inggris selama beberapa tahun di sekolah internasional tersebut yang di mana siswa-siswanya mempunyai motivasi tinggi dalam belajar Bahasa Inggris. Peneliti mengambil sample sebanyak 30 siswa. Peneliti menggunakan metode observasi dalam proses pengumpulan data dan menerapkan metode kualitatif dalam proses analisis data. Metode pendekatan yang digunakan kepada siswa adalah metode introspektif, yaitu self-evaluasi terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh para siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa mungkin menghadapi beberapa kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris yang disebabkan oleh guru itu sendiri, seperti materi yang tidak relevan, kurangnya kreativitas, dan kurangnya penekanan pada komunikasi aktif. Guru yang tidak memperhatikan kebutuhan individu siswa, tidak memotivasi mereka, dan tidak mengikutsertakan mereka dalam pembelajaran juga dapat menjadi masalah. Solusinya adalah mengadopsi pendekatan pengajaran yang lebih beragam, adaptif dan responsif, serta fokus pada situasi komunikatif nyata untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Beberapa metode pengajaran yang digunakan oleh guru mungkin tidak cocok dengan kondisi para siswa dan perlu diubah. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menekankan bahwa menjadi seorang guru Bahasa Inggris yang mahir melibatkan lebih dari sekadar menguasai bahasa itu sendiri; guru juga harus memiliki atribut tambahan untuk efektif dalam menyampaikan pengetahuan kepada para siswa.</p>Ryan Purnomo
Copyright (c) 2023 Ryan Purnomo
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/80Wed, 13 Sep 2023 00:00:00 +0000Koagulasi Nilai: Pemikiran Membangun Budaya Mutu Madrasah (Suatu Ikhtiar Epistemologis Memajukan Lembaga Pendidikan Islam)
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/82
<p>Madrasah sebagai salah satu representasi lembaga pendidikan Islam di Indonesia seringkali masih dipandang sebagai lembaga pendidikan kelas dua. Menyadari hal itu rupanya madrasah-madrasah pun berbenah dan telah menunjukkan hasilnya pada dasawarsa terakhir ini. Ada Madrasah Aliyah Insan Cendekia Serpong, MBI Amanatul Ummah Mojokerto, MAN 2 Malang, Lembaga Qoryah Toyyibah Salatiga, MIN 1 Malang, lembaga pendidikan Al-Azhar dan masih banyak lagi madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, maupun Aliyah yang mampu eksis hingga berprestasi mengungguli lembaga pendidikan kelas satu di berbagai even tingkat nasional bahkan internasional. Ini sungguh menggembirakan, kendati upaya memajukan lembaga masih terlihat parsial namun dari situ ada harapan besar bahwa di masa depan madrasah diyakini akan mampu sejajar bahkan menggeser posisinya menjadi lembaga pendidikan kelas satu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif bertujuan untuk menggali budaya mutu terbaik madrasah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bentuk aktifasi ruhani adalah kunci bagi terjadinya proses ‘Koagulasi Nilai’, dan inilah yang akan mampu menghantarkan terbangunnya budaya mutu paripurna madrasah sebagai induk yang akan melahirkan mutu paripurna madrasah di masa depan. </p> <p>-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------</p> <p><em>As one of Islamic education institution representations, madrasah (Islamic school) is regarded a second-class education institution in Indonesia. Some madrasah had, then, been encouraged to improve and the results was apparent hitherto this decade. The examples included Madrasah Aliyah Insan Cendekia Serpong, MBI Amanatul Ummah Mojokerto, MAN 2 Malang, Lembaga Qoryah Toyyibah Salatiga, MIN 1 Malang, Al-Azhar education institution and many other madrasah from elementary to secondary levels which had achieved better that the first class education institutions at national and international levels. Even though the improvements so far seem to be partial, this positive improvement created a great expectation that in the future madrasah would be able to reach equal position or even become the first-class institution. This research employed descriptive qualitative approach to study the best quality culture in madrasah. This study found that spiritual activation was the key for ‘coagulation of value’ process. Thus, this process could lead to a perfect quality culture of madrasah as the basis for a perfect quality of madrasah in the future.</em></p>Mohamad Arif Majid
Copyright (c) 2023 Mohamad Arif Majid
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.unu-jogja.ac.id/fip/index.php/JONED/article/view/82Tue, 19 Sep 2023 00:00:00 +0000