Analisis Problematika Kesulitan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learner) Studi di SD N Trirenggo

Authors

  • Doni Yanuar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia
  • Nofica Andriyati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Kesulitan Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, ABK, Slow Learner, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa Slow Learner di kelas 3 (tiga) SD Negeri 1 Trirenggo. Slow Learner merupakan salah satu jenis Anak Berkebutuhan Khsus (ABK). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kasus. Dalam penelitian ini data diperoleh peneliti dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa Slow Learner kelas 3 SD Negeri 1 Trirenggo yang berjumlah 3 anak, yaitu AMH, LFR, dan NYS. Sumber peneltian yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, data tersebut diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data primer dengan mencari informasi dan mengamati kegiatan pembelajaran di kelas 3. Wawancara dilakukan dengan 5 informan, yaitu ketiga orang tua siswa, guru kelas, dan guru pendamping khusus (GPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa Slow Learner yaitu: (1) kesulitan dalam mengikuti semua jenis mata pelajaran; (2) memiliki intelektual yang rendah atau dibawah rata-rata dari anak pada umumnya; (3) sulit menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran, sehingga mereka tidak bisa menyampaikan kembali materi yang telah diajarkan; (4) memiliki daya ingat yang rendah, oleh karena itu siswa hanya mengingat kejadian yang sedang terjadi atau hanya kejadian yang menarik perhatianya saja sehingga mereka tidak bisa merencanakan sesuatu yang akan terjadi kedepanya; (5) kesulitan dalam membaca, menulis, dan menghitung, sehingga mereka sering tertinggal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (6) mengalami masalah dalam berkomunikasi. 

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Yanuar, D., & Nofica Andriyati. (2023). Analisis Problematika Kesulitan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learner) Studi di SD N Trirenggo . Journal of Primary Education, 1(2), 53–62. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/16