Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Ekspositori di Sekolah Dasar

Authors

  • Ainatur Richana UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA
  • Dewi Masithoh Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.2

Keywords:

hasil belajar ipa, pendekatan ekspositori, sekolah dasar

Abstract

Dampak kebijakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan ekspositori. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaboratif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2022. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV di MI Darul Ma’arif 1 Serut Bantul yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan soal tes. Pengambilan data penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran yaitu: pratindakan, tindakan siklus I, dan tindakan siklus II. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan adanya peningkatan kualitas proses (keaktifan siswa dan suasana kelas menjadi lebih hidup) dan hasil belajar IPA (75 % siswa mencapai KKM 7,5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkan pendekatan ekspositori, kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terbukti siswa menjadi lebih kritis dalam proses pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi serta mampu bekerjasama. Sehingga, menjadikan suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan. Selain itu, hasil belajar IPA pada siswa meningkat, terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 7,6 dengan pencapaian KKM 49,98 % sebanyak 12 siswa, tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat sebesar 8,17 dengan pencapaian KKM 80,75 % sebanya 21 siswa, dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 8,65 dengan pencapaian KKM 88,40 % sebanyak 23 siswa dari 26 siswa keseluruhan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori.

References

Ainiyah, Q., & Masithoh, D. (2023). Analisis Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul Yogyakarta. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 42–52. DOI: https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.14.

Aminullah. (2022). Interaksi Model Pembelajaran Inkuiri vs Ekspositori dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1), 28-34. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1664/559.

Astiti, N.D., L.P.P. Mahadewi, I.M. Suarjana. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26 (2), 193 - 203. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140. DOI: https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3844.

Clymer. (2011). The Barrett Taxonomy of Cognitive and Affective Dimensions of Reading Comprehension. Link: https://pdf4pro.com/view/the-barrett-taxonomy-of-cognitive-and-affective-dimensions-61045f.html. [Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021].

Depdikbud. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Link: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003. [Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021].

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Hamruni. (2012). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.

Masithoh. D. (2021). Penerapan metode genius learning strategy sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Journal of Nusantara Education, 1 (1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.1.

Novitawati, & Elyanoor, H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Energi Panas dan Bunyi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Make A Match dengan Menggunakan Media Audioviual pada Siswa Kelas IV SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 10(2), 59–65. DOI: https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17511.

Nurhayati. (2021). Penerapan Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Cakrawala Indonesia. 6 (1), 29-35. DOI: https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.435.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Putria, H., L.H. Maula, & D.A. Uswatun. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 861-872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rambe, N. & Masithoh. D. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan WhatsAppGroup Terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar. Journal of Nusantara Education, 2(2), 46-52. DOI: https://doi.org/10.57176/jn.v2i2.42.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391.

Roza, M., & M. Ulandari. (2017). Penerapan Strategi Genius Learning Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Lubuk Lintah Padang. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar. 7 (2), 570-579. DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.426.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109–119. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sholikah, D.J.M., & Masithoh, D. (2022). Pengembangan Media PembelajaranVideo Kelas III Tema 6 “Energi & Perubahannya” di Sekolah Dasar. Progressive of Cognitive and Ability, 1 (2). 98-108. DOI: https://doi.org/10.56855/jpr.v1i2.23.

Tarigan, D., & E.M. Sinaga. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Pendekatan Realistik dengan Pendekatan Ekspositori pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 6 (1), 7-11. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4473.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Richana, A., & Masithoh, D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Ekspositori di Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Research, 1(01), 40–46. https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.2