Pengaruh Alat Peraga Matematika Materi Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD NU Sleman
DOI:
https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.8Keywords:
Alat Peraga Matematika, Bangun Datar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD NU SLEMAN. Penelitian ini dilaksanakan di SD NU SLEMAN tahun ajaran 2021/2022. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design di kelas IV didapat sampel 43 siswa yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif berupa essay/uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada hasil belajar siswa diperoleh hasil nilai sig. < taraf signifikasi 5% yang artinya rata-rata hasil belajar siswa saat posttest lebih tinggi daripada saat pretest. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar.
References
Anderson, L. W., & Krathwohl. D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bahri, Syamsul dan Fahkry Zamzam. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM_AMOS. Yogyakarta: Deepublish.
Darhim. (1984). Media Pendidikan Matematika. Bandung: Setiabudi.
Hamzah. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Khairani, Makmun. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Nugraha, Jaka. (2013). Pengantar Analisis Data Kategorik Metode dan Aplikasi Menggunakan Program R. Yogyakarta. Deepublish.
Nuriza, Diah S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Puzzle dalam Materi Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Offirstson, Topic. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish.
Pramono, Sigit. (2015). Cerdas Kupas Tuntas Matematika SD/MI kelas V. Jakarta: Laksana.
Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Santoso, Singgih. (2010). Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Santrock, John. (2007). Psikologi Pendidikan (Terjemahan Tri Wibowo). Jakarta: Kencana.
Solichah, Imroatus. (2014). Alat peraga roda bangun datar untuk Pelajar Tunarungu Penggunaan Bentuk Dua Dimensi Datar pada Siswa Tunarungu. Surabaya: Media Guru.
Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya,
Wahab Abdul. Dr, dkk. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Zulfikar. (2016). Pengantar pasar modal dengan pendekatan statistika. Yogyakarta: Deepublish.








