Pengaruh Alat Peraga Matematika Materi Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD NU SLEMAN

Authors

  • Novi Kusumastutik SD Unggulan Aisyah
  • Azizatul Alif Syafriza Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Keywords:

Alat Peraga Matematika, Bangun Datar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD NU SLEMAN. Penelitian ini dilaksanakan di SD NU SLEMAN tahun ajaran 2021/2022. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design di kelas IV didapat sampel 43 siswa yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif berupa essay/uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada hasil belajar siswa diperoleh hasil nilai sig. < taraf signifikasi 5% yang artinya rata-rata hasil belajar siswa saat posttest lebih tinggi daripada saat pretest. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Kusumastutik, N., & Syafriza, A. A. (2023). Pengaruh Alat Peraga Matematika Materi Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD NU SLEMAN. Journal of Primary Education Research, 1(01). Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/8

Issue

Section

Articles