Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Kelas V SDNU Pemanahan

Authors

  • Meli Sarita Duri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdhlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia
  • Riska Anintyawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdhlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Class Teacher Roles, Student, Bullying, Pendidikan Dasar, Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas V di SDNU Pemanahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru kelas dalam menangani perilaku Bullying, yaitu (1) sebagai pembimbing yaitu dengan cara memberikan penjelasan dan tindakan kepada siswa saat terjadi perilaku bullying; (2) sebagai mediator atau fasilitator yaitu dengan cara menumbuhkan hubungan yang positif antar siswa, mendorong perilaku sosial yang baik dan mengupayakan siswa mendapatkan sumber belajar; (3) sebagai penasihat yaitu dengan cara memberikan saran dan nasihat terhadap siswa yang mengalami perilaku bullying. Bullying di kelas adalah perbuatan atau perilaku yang dilakukan siswa dengan tujuan menyakiti baik secara fisik, verbal pengucilan teman sebaya. Jenis perilaku Bullying di kelas V SDNU Pemanahan adalah Bullying fisik seperti menendang, memukul, mendorong, dan meludahi. Bullying verbal seperti mengejek dengan nama panggilan orang tua dan mengejek pekerjaan orang tua. Bullying relasional seperti pengabaian dan pengucilan dalam kelompok teman sebaya. Pola terbentuknya Bullying yaitu faktor lingkungan keluarga, karakter individu, lingkungan pertemanan dan ukuran badan dan kekuatan antar siswa.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Meli Sarita Duri, & Anintyawati, R. (2023). Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Kelas V SDNU Pemanahan. Journal of Primary Education Research, 1(2), 22–31. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/9