Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer en-US [email protected] (Nofica Andriyati) [email protected] (Mustamid) Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Kelas V SDNU Pemanahan https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/9 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas V di SDNU Pemanahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru kelas dalam menangani perilaku Bullying, yaitu (1) sebagai pembimbing yaitu dengan cara memberikan penjelasan dan tindakan kepada siswa saat terjadi perilaku bullying; (2) sebagai mediator atau fasilitator yaitu dengan cara menumbuhkan hubungan yang positif antar siswa, mendorong perilaku sosial yang baik dan mengupayakan siswa mendapatkan sumber belajar; (3) sebagai penasihat yaitu dengan cara memberikan saran dan nasihat terhadap siswa yang mengalami perilaku bullying. Bullying di kelas adalah perbuatan atau perilaku yang dilakukan siswa dengan tujuan menyakiti baik secara fisik, verbal pengucilan teman sebaya. Jenis perilaku Bullying di kelas V SDNU Pemanahan adalah Bullying fisik seperti menendang, memukul, mendorong, dan meludahi. Bullying verbal seperti mengejek dengan nama panggilan orang tua dan mengejek pekerjaan orang tua. Bullying relasional seperti pengabaian dan pengucilan dalam kelompok teman sebaya. Pola terbentuknya Bullying yaitu faktor lingkungan keluarga, karakter individu, lingkungan pertemanan dan ukuran badan dan kekuatan antar siswa.</p> Meli Sarita Duri, Riska Anintyawati Copyright (c) 2023 Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/9 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di MI Ma’arif Sembego https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/12 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah agregasi kategori dan interpretasi langsung, membentuk koresponden dan pola, dan generalisasi naturalistik. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di MI Ma’arif Sembego dimanfaatkan dengan baik oleh guru. Lingkungan Fisik yang berupa sarana dan prasarana yang sudah memadai. Lingkungan Akademik berupa buku yang digunakan sesuai dengan norma/nilai yang berlaku, tidak mengandung unsur pornografi, kekerasan dan radikalisme. Guru juga memanfaatkan media cetak dan media elektronik. Akan tetapi, sekolah masih belum menyediakan buku bacaan yang baru atau dengan kata lain, buku bacaan tersebut tidak ada perubahan. Lingkungan sosial suasana pada saat pembelajaran cukup kondusif, dan siswa memperhatikan penjelasan guru.</p> Dela Andriani, Nofica Andriyati Copyright (c) 2023 Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/12 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Problematika Kesulitan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learner) Studi di SD N Trirenggo https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/16 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa Slow Learner di kelas 3 (tiga) SD Negeri 1 Trirenggo. </span><span style="vertical-align: inherit;">Slow Learner merupakan salah satu jenis Anak Berkebutuhan Khsus (ABK). </span><span style="vertical-align: inherit;">Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kasus. </span><span style="vertical-align: inherit;">Dalam penelitian ini data diperoleh peneliti dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. </span><span style="vertical-align: inherit;">Subyek penelitian adalah siswa Slow Learner kelas 3 SD Negeri 1 Trirenggo yang berjumlah 3 anak, yaitu AMH, LFR, dan NYS. </span><span style="vertical-align: inherit;">Sumber peneltian yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, data tersebut diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. </span><span style="vertical-align: inherit;">Observasi dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data primer dengan mencari informasi dan mengamati kegiatan pembelajaran di kelas 3. Wawancara dilakukan dengan 5 informan, yaitu ketiga orang tua siswa, guru kelas, dan guru pendamping khusus (GPK). </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa Slow Learner yaitu: (1) kesulitan dalam mengikuti semua jenis mata pelajaran; </span><span style="vertical-align: inherit;">(2) memiliki intelektual yang rendah atau dibawah rata-rata dari anak pada umumnya; </span><span style="vertical-align: inherit;">(3) sulit menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran, sehingga mereka tidak bisa menyampaikan kembali materi yang telah diajarkan; </span><span style="vertical-align: inherit;">(4) memiliki daya ingat yang rendah, oleh karena itu siswa hanya mengingat kejadian yang sedang terjadi atau hanya kejadian yang menarik perhatianya saja sehingga mereka tidak bisa merencanakan sesuatu yang akan terjadi kedepanya; </span><span style="vertical-align: inherit;">(5) kesulitan dalam membaca, menulis, dan menghitung, sehingga mereka sering tertinggal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; </span><span style="vertical-align: inherit;">(6) mengalami masalah dalam berkomunikasi.&nbsp;</span></span></p> Doni Yanuar, Nofica Andriyati Copyright (c) 2023 Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/16 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Development of Interactive Learn Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Bulustalan Semarang https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/15 <p>Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar, tujuan pembelajaran diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan untuk memahami, menghayati dan meyakini nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari. Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk membuat proses pembelajaran menjadi terarah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu peran guru adalah menciptakan suasana pembelajaran yang baik, sehingga siswa memiliki minat dalam melakukan proses belajar yakni dengan menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis flash. Hasil penelitian ini membuat peserta didik menjadi senang dalam melakukan proses pembelajaran dan tidak terjadi kebosanan, antusias pembelajaran menjadi meningkat. Selain itu, hasil penelitian ini terjadi peningkatan dari nilai pre test 58,5 dan post test 80, dengan kenaikan sebesar 21,5 dengan kenaikan sebesar 17,1%. Dengan T-hitung sebesar 16,53 dimana lebih besar dari Ttabel dengan dk (29) yaitu 2,045, dan T-hitung berada pada daerah penolakan Ho, maka terdapat perbedaan selisih hasil post test dan pre test. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pre test dengan hasil pos test dan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dikatakan efektif.</p> Sigit Pandu Cahyono, Sutiyono, Aulia Sholichah Iman Nurchotimah Copyright (c) 2023 Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/15 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Leaflet dalam meningkatkan Kemampuan Menghitung Operasi Pecahan di Sekolah Dasar https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/14 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan pada bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan biasa. Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar cetak berbasis Leaflet, 2) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar cetak berbasis Leaflet, 3) untuk mengetahui keefektifitasan bahan ajar cetak berbasis Leaflet dalam meningkatkan kemampuan menghitung operasi pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digujnakan sebagai salah satu sumber belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan biasa. Berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh nilai 98 %, kemudian hasil penilaian ahli desain sebesar 86%. Selanjutnya, penilaian dari respon guru memperoleh nilai 96%. Bahan ajar cetak berbasis Leaflet ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan menghitung operasi pecahan yang diperoleh dari hasil perbandingan nilai pre-test dan post-test saat menggunakan bahan ajar berbasis Leaflet. Nilai rata-rata pada pre-test diperoleh sebesar 39,49. Sedangkan, nilai rata-rata pada post test diperoleh nilai sebesar 66,46. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Leaflet efektif dalam meningkatkan kemmapuan menghitung operasi pecahan. Kemudian, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif dan dapat memberikan pengalaman belajar serta meningkatkan kemampuan menghitung anak usia dasar melalui bahan ajar cetak berbasis Leaflet</p> Ahmad Yusril Wafi, Riza Agustina Copyright (c) 2023 Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/14 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/13 <p>Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, &amp; Math (STEAM) merupakan salah satu pendekatan yang menjadi trend di abad 21. Pendekatan STEAM menjadi salah satu jawaban untuk mampu mendesain kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pemecahan masalah, proyek, dan penemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, &amp; Math (STEAM) yang dapat diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu systematic literature review. Data dikumpulkan dari berbagai sumber referensi seperti buku dan artikel jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dapat diterapkan di SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Penerapan STEAM dapat meningkatkan keterampilan abad 21 siswa SD. Keterampilan abad 21 tersebut antara lain keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving/ expert thinking), komunikasi dan kolaborasi (communication and collaboration), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation/ applied imagination and invention). Penerapan STEAM di SD masih membutuhkan peran guru yang cukup banyak. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.</p> Adhy Putri Rilianty, Monika Handayani, Wahyu Nugroho Copyright (c) 2023 Journal of Primary Education https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/13 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000