Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD NU

Authors

  • Sutiyono Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Novita Khaerunnisa Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.3

Keywords:

Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab, Peserta Didik, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas V B di SD NU Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik kelas V SD NU Sleman. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian dilaksanakan di SD NU Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik selalu diberikan dan ditanamkan oleh kepala sekolah dan para guru di SD NU Sleman Yogyakarta baik itu pada jam belajar ataupun di luar jam belajar, dikarenakan karakter disiplin dan tanggung jawab sangat penting sekali di berikan kepada peserta didik di masa perkembangannya. Menjalankan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas dengan membiasakan tepat waktu dan tidak terlambat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, mengumpulkan tugas sesuai jadwal yang di tentukan oleh guru, dan memiliki kesadaran tentang tugas dan tanggung jawab peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Jika ada peserta didik yang melanggar biasanya guru memberikan sanksi yang bertujuan untuk memberikan efek jera kepada peserta didik tersebut namun tidak melanggar norma pendidikan agama, tetap memberikan contoh yang baik.

References

Aji. S. (2013). Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Alvira Oktavia Safitri, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 6 Halaman 5328-5335.

Andriani, A., dkk. (2018). Sikap Toleransi dan Tanggung Jawab Speserta didik Kelas V SD Negeri 1 Patikraja. Atlantis Press, Advences in Social Sciene, Education and Humaties Research (ASSEHR), vol.267

Budiyanto M. (2013). Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Penerbit Ombak), 2013, h. 91-92.

Dewi, W. N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. JPKN: Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1): 1-7.

Dirman dkk. (2014). Karakteristik Peserta Didik: Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dole, F. E. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 3(6), 3675–3688.

Hamalik, O. (2017) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Diakses pada 28 Februari 2020 pukul 12.28 WIB dari https://www.kemdikbud.go.id

K, Imas. (2017). Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta. Kata Pena.

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 1 (1), 37-45.

Kusuma, Dharma dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dasar. Bandung: Bumi Aksara.

Listyarti, R. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., Fajrie, N., & Artikel, S. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. 2020, 3(1), 105–1117.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pasani, dkk. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together. Jurnal. Vol 4, No 2.

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). Urgensi Penggunaan dalam Proses Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Wilayah II Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

R Sofia Melati, S. D. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 3062 - 3071, 3.

Samani, M., Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samsudin, (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD/MI. Jakarta : Litera Prenada Media Group.

S Fitriani, H. M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajarantematik dalam Membentuk Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Siswa. Sosiohumaniora Volume 7 (1), Februari 2021, 7, 114-121.

Subur, (2015). Pembelajaran Nilai Moral (Berbasis Kisah). Yogyakarta: Kalimedia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Supraptingsih, dkk. (2009). Tematik. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Tim Penyusun Kamus Pusat dan Penembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989), hal. 389.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Uddiin, A. R. (2016). Edisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Sekolah Studi Kasus Di Sd Negeri Panasan Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2018.V8.I1.P70-79.

Wiyani, Novan, Ardi. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini (Panduan Orang tua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wuryandani, W dan Agung R. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Yasin, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab Dan Rasa Hormat Di Min 05 Bandar Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/5030/

Zamroni. (2014). Pendidikan Untuk Demokrasi, Tantangan Menuju Civil Society, Yogyakarta: BIGRAF Publishing.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Sutiyono, & Khaerunnisa, N. . (2023). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD NU. Journal of Primary Education Research, 1(01), 34–39. https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.3