Penerapan Pendekatan Saintifik dan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Efi Tri Astuti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hendar Ruslan

Keywords:

Scientific approach, Discussion, Learning outcomes, Civic Education (PKn)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Logawa masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Observasi awal menunjukkan bahwa 58% siswa memperoleh nilai di bawah standar kelulusan (KKM), serta 42% siswa menunjukkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran, sementara sisanya masih pasif. Kurangnya interaksi dalam pembelajaran mengindikasikan perlunya pendekatan yang lebih inovatif guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan saintifik dan metode diskusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PKn. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas VI SDN Logawa, dengan data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 65,3 (pra siklus) menjadi 85,4 (siklus 2), dan keterlibatan aktif siswa dalam diskusi meningkat dari 42% (pra siklus) menjadi 84% (siklus 2). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kombinasi pendekatan saintifik dan metode diskusi efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam kurikulum PKn guna membangun pemahaman yang lebih mendalam dan interaktif bagi siswa.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Tri Astuti, E., & Ruslan, H. (2025). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Primary Education Research, 3(2), 26–31. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/54