Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Euis Ismaya Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Roheni Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Suteja Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Perkalian, Metode Jarimatika

Abstract

Kemampuan berhitung siswa SDN Kemakmuran 2 terutama dalam perkalian, masih rendah. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman konsep, antusiasme belajar yang rendah, dan kesulitan menghafal. Salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kemakmuran 2. Dengan teknik sampling simple random sampling, sample yang digunakan adalah siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan 3B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berhitung berupa uraian dan lembar observasi siswa dalam penerapan metode jarimatika. Setelah diberikan perlakuan pembelajaran yang berbeda, diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 76,67 dan kelas kontrol 66,43. Hasil uji parasyarat menunjukkan data tidak berdistibusi normal, kemudian dilanjutkan melalui uji Mann-Withney. Hasil analisis Mann-Withney yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,028 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil Mann-Withney tersebut menujukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berhitung anatara kelas eksperimen yang mengguanakan metode jarimatika dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Ismaya, E., Roheni, & Suteja. (2025). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Research, 3(2), 19–25. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/58