Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57176/primer.v3i2.58Keywords:
Kemampuan Berhitung, Perkalian, Metode JarimatikaAbstract
Kemampuan berhitung siswa SDN Kemakmuran 2 terutama dalam perkalian, masih rendah. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman konsep, antusiasme belajar yang rendah, dan kesulitan menghafal. Salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kemakmuran 2. Dengan teknik sampling simple random sampling, sample yang digunakan adalah siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan 3B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berhitung berupa uraian dan lembar observasi siswa dalam penerapan metode jarimatika. Setelah diberikan perlakuan pembelajaran yang berbeda, diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 76,67 dan kelas kontrol 66,43. Hasil uji parasyarat menunjukkan data tidak berdistibusi normal, kemudian dilanjutkan melalui uji Mann-Withney. Hasil analisis Mann-Withney yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,028 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil Mann-Withney tersebut menujukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berhitung anatara kelas eksperimen yang mengguanakan metode jarimatika dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Sari, M. E., Masita, & Ardiawan, K. N. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Antika, S., Lasari, Y. L., & Gustina, G. (2023). Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.12
Arianti, F., Istanti Suwandayani, B., & Mukhlishina, I. (2023). Implementasi Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Pecahan Pada Siswa Kelas V Di Sdn 4 Sambik Bangkol. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5785–5799. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10146
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Dusalan, D., & Wirahmad, I. (2024). Implementasi Metode Jarimatika pada Pembelajaran Berhitung Matematika di kelas II SDN Inpres Kalo Pai. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.407
Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97
Ernawati, H., & Rigianti, H. A. (2024). Analysis of Understanding Mathematics Concepts on Numeration Ability of Primary Students. Progres Pendidikan, 5(2), 162–169. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i2.541
Fausia, N., Upu, H., Talib, A., Natalia, F., & Asfar. (2021). The Development of Jarimatika Method in Increasing the Speed of Counting Through AndroidBased Taktikjar Learning Media. Jurnal Atlantis Press, volume 611(ICoESM), 338–372.
Febryanti, A. M., Suhendar, U., & Wahyudi, W. (2023). The Jarimatics Method in Improving Students’ Numeracy Skills. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(2), 413. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.411
Hajaroh, S., & Raehanah. (2021). STATISTIK PENDIDIKAN (Teori dan Praktik).
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(1), 2. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp
Kemendikbudristek. (2022). Permendikbudristek No. 7 Tahnn 2022 tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah - www.dapodik.co.id.
Rizki, M. D., Nugroho, F. A. W., Hapsari, C. R., Paramitha, A. P. A., Haliza, D. M. N., & Lutfiana, N. (2023). Pengaruh Kemampuan Berhitung Terhadap Nilai Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(5), 913–920. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i5.2239
Salsinha, C. N., Bete, H., Naimnule, M., & Bone, D. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Sebagai Inovasi Dalam Peningkatan Kemampuan Berhitung Bagi Siswa Sd. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5831. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19199
Sari, D. N., & Armanto, D. (2021). Matematika Dalam Filsafat. Jurnal Pendidikan & Matematika, 10(2), 202–209.
Suparni, S. (2018). Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Bagi Anak Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 45. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1273
Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Pembelajaran Mabeta Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2474
Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Belajar Menjadi Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.92
Wulandari, E. P., Wiarsih, N., & Meliantina, M. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Siswa Kelas 3 Sdn 03 Wringinpuih Tahun Ajaran 2021/2022. AT TA’LIM: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 118–127.
Yani, Y., Dhema, M. D., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdk 051 Waigete. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1171–1188. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10776








