Analisis Muatan Pendekatan Kontekstual dalam Modul Dirasah Islamiah Tema “I Love Allah”

Authors

  • Azizatul Alif Syafriza Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Uswatul Ummah Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v1i2.22

Keywords:

analisis modul, dirasah islamiah , pendekatan kontekstual

Abstract

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang disusun secara lengkap memuat kegiatan pembelajaran dan didesain agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Modul Dirasah Islamiah memuat deskripsi materi dan activity yang mengarahkan peserta didik belajar dengan cara menyenangkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan pendekatan kontekstual dalam modul dirasah islamiah kelas 6 tema “I Love Allah”. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul Dirasah Islamiah kelas 6 Tema “I Love Allah”. Objek dari penelitian ini adalah muatan pendekatan kontekstual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu human instrument. Penelitian dilakukan secara mandiri, dengan pengetahuan, ketelitian, dan kekritisan yang dimiliki peneliti guna mencari dan menggali informasi dan data-data yang diperlukan berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen penelitian ini adalah lembar analisis dokumen yang dikembangkan dari landasan teori. Teknik analisis data terdiri dari 6 langkah. Teknik tersebut antara lain pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen-komponen dalam pendekatan kontekstual yang terdiri dari konstrktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penialaian sebenarnya muncul dalam modul. Lima belas indikator yang ada dari 7 komponen kontekstual, tidak semuanya muncul dalam modul. Indikator yang muncul dalam modul berjumlah 9 indikator sedangkan indikator yang tidak muncul berjumlah 6 indikator. Semua komponen pendekatan kontekstual muncul di dalam modul dirasah Islamiah tema” I Love Allah”, namun tidak semua indikator dari masing-masing komponen tersebut muncul.

The module was a form of teaching material compiled in full containing learning activities and designed so that students can achieve learning objectives. The perceived Islamiyah module contained descriptions of material and activities that direct students to learning fun. This study aimed to describe the content of the contextual approach in the 6th grade Islamic sense module with the theme "I Love Allah". This research was content analysis research using a qualitative approach. The subject used in this study was the 6th grade Islamic sense module with the theme "I Love Allah". The object of this research was the content of the contextual approach. The instrument used in this research was the human instrument. The research was conducted independently, with the knowledge, thoroughness and criticality of the researcher in order to find and explore the information and data needed based on the formulation of the problem that has been described. The data collection technique used was careful reading and recording. The research instrument was a document analysis sheet developed from a theoretical basis. The data analysis technique consisted of 6 steps. These techniques included data collection, sample determination, data recording, data reduction, drawing conclusions, and describing. The results showed that the components of the contextual approach appeared in the module. There were fifteen indicators out of the 7 contextual components, not all of them appear in the module. The indicators appearing in the module were 9 indicators while the indicators that did not appear are 6 indicators. All components of the contextual approach appeared in the "I Love Allah" theme felt in the module, but not all indicators of each of these components appear.

References

Garton, Janetta. (2005). Inquiri-Based Learning. Willard-II School District, Technologi Intgration Academy.

Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgensindo.

Harefa. (2013). Penerapan Teori Pembelajaran Ausubel dalam Pembelajaran. Jurnal. Universitas Dharmawangsa.

Jhonson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. California USA: Corwin Press. Inc.

Kadir, Abdul. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah, Jurnal. Dinamika Ilmu.

Kripperdorf. K. (1993). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra.

Kunandar, (2013). Penilaian autentik (penilaian hasil belajar siswa berdasarkan Kurikulum 2013) suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Muslich, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudlhofir. 2011. Pengelolaan Anak Usia Dini di Playgroup Al Firdaus Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurdyansyah dan Fahyuni Eni.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rahdiyanta, Dwi. (2015). Materi Penyusunan Modul. UNY: Bimtek program sarjana mengajar.

Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Penerbit Abfabeta.

Suharsimi, A. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utari, Licha. (2014). Analisis Pendekatan Kontesktual dalam Buku Teks Biologi Tingkat SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2022-04-11

How to Cite

Alif Syafriza, A., & Ummah, U. (2022). Analisis Muatan Pendekatan Kontekstual dalam Modul Dirasah Islamiah Tema “I Love Allah”. Journal of Nusantara Education, 1(2), 40–52. https://doi.org/10.57176/jn.v1i2.22

Issue

Section

Articles