Analisis Isi dan Bahasa Buku Teks Bahasa Inggris SMA Kelas 10 Terbitan Erlangga 2013

Authors

  • Nur Wahidah Thayib Pido IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Susanti Pakaya IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Lutvia Dentau IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.43

Keywords:

analysis, textbook, book language

Abstract

Buku teks pelajaran adalah salah satu media penunjang dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Buku yang digunakan pun harus memiliki kriteria yang tepat untu menjadi kan Bahan ajar. Bahan ajar juga harus dibuat sesuai dengan syarat-syarat pembuatannya. Mendiknas (2008: 6) menjelaskan bahwa “bahan ajar merupakan bahan pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa belajar. Jika dilihat dengan kenyataan di lapangan buku ajar yang digunakan tidak mudah dipahami oleh siswa, bahasanya terlalu komplex. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif jenit metodenya adalah kajian pustaka. Data kualititatif diperoleh berdasarkan hasil pra observasi, wawancara, dan angket.  Butir kelengkapan materi memiliki skor total 12 dari skor maksimal 20 sehingga mendapatkan persentase nilai 55% dengan status cukup. Butir keluasan materi memiliki skor total 12 dari 20 sehingga mendapatkan persentase nilai 55% dengan status kurang luas Pada Butir  tema memiliki skor total 20 dari skor maksimal 20 sehingga mendapatkan persentase nilai 100% dengan status sangat sesuai . Berdasarkan simpulan pada penelitian ini, peneliti mengajukan  Pertama, guru hendaknya memilih buku aacuan yang bagus dan memiliki Bahasa yang ringan untuk digunakan guna mendukung pembelajaran. Kedua, guru sebaiknya memilih buku ajar yang ringan dari segi Bahasa dan mampu menyampaikan dengan metode yang tepat agar siswa mudah menyerap dengan baik sesuai capaian kompetensi yang diinginkan.

The textbook is one of the supporting media in teaching and learning activities in the classroom. The books used has the right criteria to become teaching materials. Teaching materials must be made in accordance with the conditions of manufacture. The Minister of National Education (2008: 6) explains that “teaching materials are learning materials used to help students learn. If we look at the reality in the field, the textbooks used are not easily to understood by students, the language is too complex. The method used in this research is descriptive qualitative method. The method is literature review. Qualitative data were obtained based on the results of pre-observation, interviews, and questionnaires. The item completeness of the material has a total score of 12 out of a maximum score of 20 so that it gets a 55% score percentage with sufficient status. The item breadth of material has a total score of 12 out of 20 so that it gets a percentage score of 55% with the status of being less extensive. Based on the conclusions in this study, the researcher proposes first, the teacher should choose a good reference book and have a light language to use to support learning. Second, teachers should choose textbooks that are light in terms of language and are able to convey in the right method so that students easily absorb well according to the desired competency achievement.

References

Amrina, “Analisis Buku Ajar “Bahasa Inggris” yang Digunakan di Kelas Dua SMA”,

Ahmad Syafi'i, Tri Marfiyanto, Siti Kholidatur, Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Surabaya: P-ISSN 2549-1725 E-ISSN 2549-4163, 2018.

Al-Mashaqba, Hamed, Juma’a, Nisreen. Micro and macro Content Analysis of English Textbook Entitle “ Mosaic one listening and speaking (Student’s book)’in the light of communicative competence. Vol 8, no 2 2017.

Ayu Mutiara, Indrawati Rita. EFL textbook Evaluation: The Analysis of Task Presented In English Textbook. Vol 16. No 1 2018

B.P.Sitepu. 2012. Penulisan buku teks pelajaran.Bandung: Remaja, Rosdakarya.

Baig sana, dkk. Content analysis of english textbook of punjab textbook board of grade 8 in pakistan. Sage Journal.2021

Dedi Supriadi. 2001. Anatomi buku sekolah di indonesia problematik penilain, penyebaran dan penggunaan buku pelajaran, buku bacaan dan buku sumber. Yogyakarta. Adicita karya nusa.

Emilia, Emi. Dkk. Gender in EFL classroom, Transsivity analysis in English Textbook for Indonesian Students’. Indonesian Jurnal Of Applied Linguistik Vol 7 No. 1, 2017.

Kurnia Dewi, Wahyuni (2019) Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

Lestari F Ramadhani Asti, Analisis Kebutuhan Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Karakter , (Jakarta : DIEKSIS, 2014.

Lismina. 2018. Pengembangan kurikulum disekolah dan perguruan tinggi. Uwais Inpirasi Indonesia.

Masnur Muslich. 2010. text bookwriting dasar-dasar pemahaman, penulisan dan pemakaian buku text. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E.H. Dr. Prof. 2015. Implementasi kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.

Rachman fauzi. 2022. Buku ajar kajian buku tulis. Penerbit Lakeisha. Tulung Klaten Jawa Tengah.

Rani, Sarbati dkk. An Analysis on English Textbook Entitled Bahasa Inggris “When English Rings a Bell” for the Eighth Year Students of Junior High School Based on the 2013 Curriculum.

Rashidi Nasser Kehtarfard Roghaye. Aneeds analysis approach to the evaluation of Iranian Third Grade High School. Sage Journals. 2014.

Ratna Sari, Puri (2019) Pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA SDN 2 Sribhawono tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

Sadiqah Mansyurah, “A Content Analysis Of English Textbook “whem english ring a bell” Yang Digunakan Di Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Kurikulum” Skripsi, Jakarta :Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2016.

Sargeant Joant, Penelitian Kualitatif: Analisis, dan Penjaminan Mutu, Jurnal Pendidikan Dokter Pascasarjana, 2012 .

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Undang- undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional.

Yp. Dahrma. Analysis of English Textbook Relevance to the 2013 English Curiculum. Jurnal JEES. Stikippersada. Vol 1, No . 2018

Yusuf Harni. Model Metode Checklist Dalam Mengevaluasi Buku Teks Elt, Gorontalo:ISSN 2442-8965 & E ISSN 2442-8973, 2018.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Nur Wahidah Thayib Pido, Pakaya, S., & Dentau, L. (2022). Analisis Isi dan Bahasa Buku Teks Bahasa Inggris SMA Kelas 10 Terbitan Erlangga 2013 . Journal of Nusantara Education, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.43