Persepsi Masyarakat Situ Rawa Lio terhadap Program Rumah Belajar Nusantara

Authors

  • Nunung Nurhayati University of Muhammadiyah prof. Dr. Hamka
  • Sabilla Aprilia Zulfah Universitas Muhammadiyah Prof Dr hamka
  • Cardianti Qatrinada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.47

Keywords:

rumah belajar nusantara , persepsi , masyarakat pinggiran Situ Rawa Lio Depok

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dimana pendidikan merupakan suatu sistem yang menghubungkan satu dengan yang lainnya. Namun tidak semua anak beruntung mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang baik dari keluarganya karena faktor ekonomi dan faktor sosial yang mereka lalui, keadaan ini membuat fungsi keluarga kurang optimal. Dari kondisi tersebut, muncul sebuah program pendidikan nonformal yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Situ, yaitu Rumah Belajar Nusantara. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengkaji pandangan masyarakat pinggiran situ terhadap keberadaan Rumah Belajar Nusantara (RBN) di kawasan pemukiman warga Situ di wilayah Depok. Metode penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, dimulai dengan observasi, penyusunan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data, kegiatan dokumentasi dan dilanjutkan dengan pengumpulan data serta analisis data yang akan dituangkan dalam laporan penelitian akhir. Melalui kajian ini, diharapkan pembaca bisa mengetahui persepsi masyarakat Situ mengenai Rumah Belajar Nusantara (RBN).----------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Education is one of the crucial aspects in which education is a system that links one to another. However, it turns out that not all children are lucky to get good teaching and education from their families because of economic factors and the social factors they go through. This situation makes the family function less than optimal, so it is not uncommon for children to help their parents find additional income by working instead of filling their spare time by studying. From these conditions, there is a non-formal education program hoping to improve the quality of education in the Situ region, namely Rumah Belajar Nusantara. This research was an effort to assess the public's view of the presence of Rumah Belajar Nusantara (RBN) in the residential area of Situ residents in Depok area. This research method was carried out through several stages, starting with the preparation of questionnaires and interviews as a data collection tool and documentation activities, followed by data collection and data analysis, which will be included in the final research report. Through this study, it was hoped the reader can find out the public's views regarding the presence of Rumah Belajar Nusantara (RBN) in the suburb of Situ, Depok area, where the social, economic, and educational environment is still relatively low.

 

References

Azizah Arifinna Safarah, Udik Wibowo, (2018). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 21 (2), 206-213. Budiaji W. Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan. 2013 Dec;2(2):127-33.

Kamarubiani, N. (2019). PENDIDIKAN NON FORMAL DAN INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Karolin Rista, Eko April Ariyanto (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa,1 (2).

Muhammad Masruron, Ismayadi Ismayadi, Ahmad Muzayyin, (2021). Pemberdayaan Pemuda Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Di Era Pandemi Covid-19 Di Des AIK Bual. Jurnal Warta Desa (JWD) 3 (2), 109-113.

Siful Arifin, (2017). Revitalisasi Keluarga sebagai Lingkungan Pendidikan. Jurnal Kariman, 5 (1).

Sri Sayekti, Sulistiyanto, Marini, (2018). Persepsi Masyarakat Kampung Nelayan Pantura Kabupaten Kendal Tentang Pentingnya Pendidikan.

S.Supriyanto, Yon Rizal, (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantrem Nurul Huda Lampung. Jurnal Perspektif Pendidikan 8 (20,1-10).

Sulaiman Saat, (2015). Faktor Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukan dalam Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8 (2).

Syaparudin, S., & Elihami, E.(2019). Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173-186.

Sani Susanti, (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia.Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1 (2).

Downloads

Published

2022-09-10

How to Cite

Nunung Nurhayati, Sabilla Aprilia Zulfah, & Cardianti Qatrinada. (2022). Persepsi Masyarakat Situ Rawa Lio terhadap Program Rumah Belajar Nusantara. Journal of Nusantara Education, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.47