Pengembangan Panduan Praktikum Biologi pada Konsep Sistem Pencernaan untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v1i2.11Keywords:
keterampilan berpikir kritis , panduan praktikum biologi, sistem pencernaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan praktikum biologi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian Borg and Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Serang pada bulan Februari hingga Oktober 2021. Data diperoleh melalui penyebarkan angket kepada dua validator ahli materi, dua validator ahli media, dan 10 siswa SMA Negeri 2 Kota Serang. Hasil penelitian ini mendapatkan skor senilai 85% dari segi materi dan 86% dari segi media yang keduanya mendapatkan kategori sangat layak. Uji respon siswa terhadap pengembangan panduan praktikum biologi pada konsep sistem pencernaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mendapatkan nilai sebesar 98,6% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respons siswa menunjukkan produk panduan praktikum biologi pada konsep sistem pencernaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis sangat layak untuk digunakan.
This research aimed to develop a biology practicum guide to develop critical thinking skills of high school students in class XI. This type of research used the Research and Development (R&D) method with reference to the Borg and Gall research model regulated by Sugiyono. The research was conducted at SMA Negeri 2 Serang City from February to October 2021. Data were obtained through distributing questionnaires to two material expert validators, two media expert validators, and 10 students of Serang City 2 Senior High School. The results of the study got a score of 85% in terms of material and 86% in terms of media, both of which get a very decent category. The test of students’ responses to the development of a biology practicum guide on the concept of the digestive system to develop critical thinking skills got a score of 98.6% with a very decent category. The results of the student response test showed that the product of the biology practicum guide on the concept of the digestive system to develop critical thinking skills is very feasible to use.
References
Afrizon, R., Ratnawulan, & A. Fauzi. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1 (1), 1-16.
Alberta, C. (2005). A Concept Mapping Toll To Handle Multiple Formalisms. Knowledge Science. Canada: Institute University of Calgary.
Amalia, N. F. & E. Pujiastuti. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Model PBL. Seminar Nasional Matematika X. Universitas Negeri Semarang.
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arifin, U., F. S. Hadisaputro. & E. Susilaningsih. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Siswa Terintegrasi Guided Inquiry untuk Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 4 (1), 54–60.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariningsih, I., E. Nawawi & Hartono. (2014). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Di Kelas XII SMA 1 Indralaya Utara. Diakses dari https://ejournal.unsri.ac.id/. Pada tanggal 17 Juni 2020, pk. 21.05.
Armita, M., Y. Yusuf., & R. Ibrahim. (2018). Kemampuan siswa kelas xi smk negeri 5 banda aceh menulis teks cerita ulang biografi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12 (1), 49-61.
Azizah, M., J. Sulianto. & N. Cintung. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35 (1), 61-70.
BNSP, Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2006.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction 4th Edition. New York: Longman Inc.
Budiman, I., A. Sukandi & A, Setiawan. (2008). Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Dualisme Gelombang Partikel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (1), 17-21.
Dasna & Sutrisno. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah. Diakses dari https://educorner Mitra ned. Id/Artikel-umum. Pada tanggal 17 Juni 2020, pk. 22.15.
Ebru, D. S. (2017). Ask Response Play Learns : Student's View On Gamification Based Interactive Response System. Journal of Education Ans Instructional Studies Un The World, 7 (3), 28-40.
Gormally, C., P. B. & L. Mary. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education, 11 (2), 364-377.
Gumelar, G. R. (2014). Layout majalah sebagai sebuah cerminan identitas pembaca studi kasus layout majalah cosmopolitan dan aneka yes. Jurnal Komunikasi, 2 (3), 51-57.
Hajar A. (2005). Penggunaan Strategi Pemetaan Konsep dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Suara Guru.
Hamidah, A., E. N. Sari & R. S. Budianingsih. (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA N Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 1(8), 49-59.
Hasanah, A. M., Ismail., & S. Mukhlishoh. (2019). Pengembangan Modul Biologi Teringterasi Nilai Islam Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Penidikan Biologi, 1 (1), 17-28.
Helpern, D. (2012). Halpern critical thinking assessment: Test manual Mödling. Austria: Schuhfried GmbH.
Hilmi. (2016). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab. Lantanida Journal, 4 (2), 128-135.
Hyytinen, H., Nissinen, K., Ursin, J., Toom, A., & Lindblom-Yla¨nne, S. (2015). Problematising the equivalence of the test results of performance-based critical thinking tests for undergraduate students. Studies in Educational Evaluation, 4 (44) 1-8.
Ibrahim, M. (2008). Kecakapan Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 1 (2), 17-19.
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dana Kebudayaan.
Lindo, P.W.I. (2019). Kemampuan menulis teks cerita ulang biografi tokoh pada siswa kelas x akomodasi perhotelan 3 di SMKN 1 Palu. Jurnal Bahasa dan Satra, 4 (4), 102-115.
Mislia., M. Qurbaniah & A. P. Kahar. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Bioeducation, 1 (4), 13-17.
Novak, J.D & D.B Gowin. (2006). Learning How to Learn. Cambridge University Press. New York.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, A. & R. Sasmita. (2013). Pembelajaran Fisika Denga Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu. Jurnal Unnes Science Education, 2 (1), 14.
Rahayu, D. N. G., A. Harijanto, & A. D. Lesmono. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7 (2), 162-167.
Rahmawati, I., Arif H., & Sri R. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. 1, ISBN: 978-602-9288-21-2.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sakti, A. P. (2014). Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMK pada Topik Limbah di Lingkungan Kerja. TESIS. Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Syaefullah, A. (2015). Prinsip Dasar Penyusunan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Grasindo.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20 (2), 196-203.
Walker, Y. (2012). Efektivitas penggunaan media pembelajaran flip book terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bandung, Jurnal Tarbawy, 3 (1), 22-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mahrawi Mahrawi, Ika Rifqiawati, Diana Mulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.