Analisis Hubungan Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler terhadap Hasil Asesmen Harian di Madrasah Ibtida’iyah
DOI:
https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.141Keywords:
kegiatan ekstrakurikuler, hasil akademik, perkembangan siswaAbstract
Penelitian ini mengkaji dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil rata-rata nilai asesmen harian, dengan fokus pada bagaimana tingkat partisipasi memengaruhi hasil belajar. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan post-facto, data dikumpulkan melalui angket dan wawancara terhadap 10 siswa kelas V di MI Ma’arif Kebrengan. Temuan menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan (r = 0,93) antara keterlibatan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kesuksesan akademik. Siswa dengan tingkat partisipasi yang lebih tinggi secara konsisten mencapai hasil akademik yang lebih baik, memperlihatkan manfaat dari keterlibatan tersebut. Kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya berkontribusi pada peningkatan akademik tetapi juga pada pengembangan keterampilan non-akademik penting seperti manajemen waktu, disiplin, dan kerja sama. Kegiatan ini membantu siswa membangun kepercayaan diri dan tetap termotivasi, memungkinkan mereka untuk unggul baik di dalam maupun di luar kelas. Sebagai contoh, siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan terorganisir seperti olahraga atau seni sering menunjukkan keterampilan organisasi dan interpersonal yang lebih baik, yang berdampak positif pada kinerja akademik mereka. Namun, manajemen waktu yang efektif tetap menjadi kunci untuk mencegah komitmen ekstrakurikuler mengganggu tanggung jawab akademik. Penelitian ini menegaskan peran penting kegiatan ekstrakurikuler dalam mendukung pendidikan holistik. Di luar peningkatan akademik, kegiatan ini mendorong pengembangan keterampilan yang diperlukan untuk kesuksesan di masa depan, termasuk kepemimpinan, adaptabilitas, dan interaksi sosial. Sekolah dianjurkan untuk menerapkan program ekstrakurikuler yang terstruktur dan seimbang sesuai dengan tujuan akademik siswa. Dengan mengintegrasikan inisiatif ekstrakurikuler yang dirancang dengan baik ke dalam kebijakan pendidikan, sekolah dapat membantu membentuk individu yang mandiri, percaya diri, dan kompeten secara sosial, sambil memastikan pencapaian akademik tetap menjadi prioritas utama.
__________________________________________________________________________________
This study explores the impact of extracurricular activities on students' academic achievement, focusing on how participation levels influence performance outcomes. Using a descriptive quantitative method with a post-facto approach, data were gathered through questionnaires and interviews with 10 fifth-grade students at MI Ma’arif Kebrengan. The findings revealed reveal a significant positive correlation (r = 0.93) between active involvement in extracurricular activities and academic success. Students with higher levels of participation consistently achieve better academic results, showcasing the benefits of such engagements. Extracurricular activities contribute contribute not only to academic improvement but also to the development of essential non-academic skills like time management, discipline, and teamwork. They help students build confidence and stay motivated, enabling them to excel both inside and outside the classroom. For example, students participating in organized activities such as sports or art often exhibit better organizational and interpersonal skills, which positively impact their academic performance. However, effective time management remains crucial to prevent extracurricular commitments from interfering with academic responsibilities. The study underscores the vital role of extracurricular activities in supporting holistic education. Beyond academic enhancement, these activities foster skills necessary for future success, including leadership, adaptability, and social interaction. Schools are encouraged to implement structured and balanced extracurricular programs that align with students’ academic goals. By integrating well-designed extracurricular initiatives into educational policies, schools can help nurture independent, confident, and socially competent individuals, while ensuring that academic achievements remain a priority.
References
Agustina, I. O., Juliantika, J., Saputri, S. A., & Putri, S. R. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia. (JUBPI), 1(4), 86-89, https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001
Agustina, Intan Oktaviani, dkk. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia. 1(4)
Ahmad, M. (2019). Hubungan Ekstrakulikuler Pramuka dengan Disiplin Siswa MI Miftahut Thulab Brambang Karangawen Demak Tahun Pelajaran 2018. eprints.unwahas.ac.id.http://eprints.unwahas.ac.id/2194/
Ariyadi, B. (2021). Hubungan Keterampilan Ekstrakurikuler Pramuka Dan Kemandirian Dengan Prestasi Belajar Ips Kelas V. Joyful Learning Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/42639
Ayunda, P. W. (2022). Penerapan Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Dalam Meningkatkan Disiplin belajar Peserta Didik Kelas. repository.radenintan.ac.id.http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20669
Ekowati, T. (2023). Manajemen Prestasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar Negeri 03 Taman Kabupaten Pemalang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1408
Elviana, T., Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2022). Mengatasi Kesulitan Membagi Waktu Antara Belajar Dan Organisasi Melalui Konseling Behavioristik Teknik Self Management. Jurnal Muria Research …. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/mrgc/article/view/8600
Herlambang, P. (2017). Pengaruh Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler, Minat Baca, dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kartasura. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/10469. Diakses pada tanggal 18 November 2024
Jayanti, K., & Senam, S. (2017). Studi kinerja guru lulusan Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 63-69. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13686
Koti, S. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota. Diakses pada tanggal 18 November 2028
Kurniawan A., Mahmud, R., Jumini, S., dkk. (2022). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Padang: Global Eksekutif Teknologi
Mutiah, E., Daulay, I. S., & Nst, S. M. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kelas IV MIN Sibuhuan. Journal Innovation in Education (INOVED), 1(4), 30-40. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.577
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301. Sekretariat Negara. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Prabowo, A.E., & Yuhelma, Y. (2023). Pengaruh Keikutsertaan dalam Ekstrakulikuler terhadap Prestasi Belajar Melalui Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas, EJPE, 11(2),https://doi.org/10.33603/ejpe.v11i2.22
Prabowo, Andri Eko dan Yustri Yuhelma. (2024). Pegaruh Keikutsertaan dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Prestasi Belajar Melalui Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. https://ejournalugj.com/index.php/Edunomic/article/view/9129. Diakses pada tanggal 18 November 2024
Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.
Putra, M. A., & Manurizal, L. (2022). Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Sikap Disiplin Siswa di SMP N 1 Tambusai Utara: Ekstrakurikuler Pramuka, Disiplin. Journal Of Sport Education and …. http://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/1141
Rahayu, S. P. (2022). Pengaruh Aktivitas Belajar, Kegiatan Ekstrakurikuler, dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Purwokerto. repository.unsoed.ac.id.http://repository.unsoed.ac.id/18749/
Rahman, A., & Putri, N. (2020). Peran Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 72-81.
Republik Indonesia. (1985). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1985 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 1985.
Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rohman, Arif. (2008). Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama Yogyakarta.
Rozak, A. A. (2020). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Akademik Siswa Kelas V Di MI NU Raudlatus Shibyan. repository.iainkudus.ac.id. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4356
Rusilowati, Ani., Jumini, S., dkk. (2021). Pengembangan Instrumen Karakter Dalam Pembelajaran IPA. Magelang: Pustaka Rumah Cinta
Sari, W. (2021). Pengaruh Ekstrakurikuler terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(3), 18-26.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
Wurdianto, Kukuh. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Prestasi Belajar. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34-38. ISSN 2614-2236.Wurdianto Kukuh, Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Meretas 7, No. 1. 2020
Yusuf, M., & Hanafi, L. (2021). Manajemen Waktu Siswa yang Efektif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(2), 103-110.
Zanah, U. M. (2022). Penanaman karakter disiplin siswa pada kegiatan ekstrakurikuler karate di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo (Skripsi), Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Zulfikar R,. Jumini, S., dkk. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Media Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Rhobiyatul Adzewiyah, Fatma Fitri Lutfiana, Sri Jumini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.