Inovasi Manajemen dan Kepemimpinan Transformatif Kelembagaan PAI

Authors

  • Abdul Wahab Fahrub Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung
  • Muchammad Iqbal Chailani Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung
  • Kunfuaidah Latifah Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang
  • Zainal Arifin Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Dimas Ardiansyah Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v5i1.175

Keywords:

inovasi, kepemimpinan transformatif, lembaga PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk inovasi manajemen yang diterapkan dalam kelembagaan Pendidikan Agama Islam (PAI), menganalisis implementasi kepemimpinan transformatif, serta mengungkap berbagai tantangan dalam pengembangan inovasi dan strategi kelembagaan PAI. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif, pengambilan data melalui sumber primer dan sekunder terkait dengan Inovasi dan kepemimpinan berupa tulisan artikel atau buku. Penelitian ini lebih  fokus pada Kepustakaan karena kajian ini terletak pada telaah teori, konsep, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan, sehingga memerlukan penggalian literatur yang mendalam ketimbang pengumpulan data empiris di lapangan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk inovasi manajemen yang diterapkan meliputi: manajemen berbasis sekolah, manajemen berbasis teknologi informasi (e-management), pengelolaan sumber daya manusia (SDM) secara profesional, serta manajemen kurikulum dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Keberhasilan dari inovasi-inovasi tersebut sangat dipengaruhi oleh komitmen dan kapasitas kepemimpinan lembaga, serta dukungan lingkungan eksternal seperti pemerintah, masyarakat, dan mitra strategis. Dalam konteks kepemimpinan, pendekatan transformasional memainkan peran penting melalui lima pilar utama, yaitu: penetapan visi dan misi yang jelas, pemberdayaan inovasi dan kreativitas, penyediaan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan, pemberian dukungan serta pengakuan terhadap kinerja, dan pembangunan kemitraan kolaboratif. Meskipun demikian, pengembangan inovasi manajerial dalam kelembagaan PAI masih menghadapi berbagai tantangan, di antaranya keterbatasan kompetensi guru, resistensi terhadap perubahan, minimnya dukungan teknologi, dan lemahnya kolaborasi antar pemangku kepentingan. Oleh karena itu, dibutuhkan intervensi yang sistematis dan berkelanjutan untuk menciptakan kelembagaan PAI yang unggul, adaptif, dan relevan dengan tuntutan zaman. 

___________________________________________________________________________________________

This study aims to identify the forms of management innovation applied in Islamic Religious Education institutions, analyze the implementation of transformative leadership within them, and reveal various challenges in the development of innovation and institutional strategies in IRE. The method used in this study is library research with a qualitative approach, collecting data from primary and secondary sources related to innovation and leadership in the form of articles or books. This study focuses more on literature because it is based on the examination of relevant theories, concepts, and previous research findings, thus requiring in-depth literature exploration rather than empirical data collection in the field. The results show that the forms of management innovation applied include: school/madrasah-based management, information technology-based management), professional human resource management , and curriculum and program management tailored to the needs of students and the community. The success of these innovations is greatly influenced by the commitment and capacity of institutional leadership, as well as external support from the government, community, and strategic partners. In the context of leadership, the transformational approach plays a crucial role through five main pillars: establishing a clear vision and mission, empowering innovation and creativity, providing continuous training and development, offering support and recognition for performance, and building collaborative partnerships. However, the development of managerial innovation in PAI institutions still faces various challenges, including limitations in teacher competencies, resistance to change, lack of technological support, and weak collaboration among stakeholders. Therefore, systematic and sustainable interventions are needed to create PAI institutions that are excellent, adaptive, and relevant to the demands of the times.

 

 

References

Alwan Aziz, A., Faizin, M., & Fahmi, I. (2024). Indonesian Research Journal on Education Strategik Peningkatan Mutu pada Lembaga Pendidikan Islam. In Indonesian Research Journal on Education (Vol. 4). https://irje.org/index.php/irje

Alwi, M. (2022). JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Kepemimpinan Transformasional: Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0. In Agustus (Vol. 1, Issue 2). https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji

Assegaf, A. R., Zainiyah, H. S., & Fahmi, M. (2022). Curriculum Innovation for the Internationalization of Islamic Education Study Program at Higher Education Institutions in Surabaya, Indonesia. Millah: Journal of Religious Studies, 21(3), 671–706. https://doi.org/10.20885/millah.vol21.iss3.art3

Badrun, B. (2024). Enhancing Islamic Education: The Role of Madrasah-Based Management in Islamic Boarding Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5153

Basri, B., Wahidah, W., & Mahyiddin, M. (2024a). Inovasi Lembaga Pendidikan Islam Aceh Dalam Mempersiapkan Generasi Qur’ani Di Era Digital. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 32–50. https://doi.org/10.47498/tadib.v16i1.305

Creswell. (2019). Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Progress in Retinal and Eye Research.

Dwi Basuki, A., Christina Theodora, N., Fuad, A., Basataka Yudo Dwiyono, J., & Dwiyono, Y. (2024). Perbandingan Gaya Kepemimpinan Visioner Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Ekowati, S., & Munirom, A. (2025). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Prinsip, Dan Implementasi Di Era Modern. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Eryandi, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.27

Ginanjar, M. H., & Purwanto, E. (2022). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 67. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2024

Harahap, H. S., Syukri, M., & Lubis, A. (2022). Resistensi Pondok Pesantren Di Era Digitalisasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru). In Jurnal Pendidikan dan Keislaman (Vol. 1, Issue 1).

Hidayat. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Tenaga Pendidik.

Hikmah, A., Trianingsih, H., Aliyah, M., Brebes, B., Kunci, K., Belajar, K., & Belajar, H. (2021). Improving Learning Activities and Learning Outcomes of Students in Agribusiness Skills Subjects Freshwater Fishery Through the Application of Problem Based Learning Models for Class XI Students of MA Al Himah. https://doi.org/10.61227

Ilmiyah, L., Uin, M., Surabaya, S. A., Khotimah, H., Rachma, N., Mahasiswa, A., Sunan, U., Surabaya, A., Bagus, A. M., Ps, K., & Surabaya, S. (n.d.). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Problematika Pembelajaran PAI di Daerah Terpencil: Studi Atas Keterbatasan Sumber Daya Manusia. 11(1), 31–40. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.4386

Iswahyudi, M. S. , M. M. , M. . , B. . , S. , K. & K. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. . PT. Green Pustaka Indonesia.Kader, M. R. (2025). Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Islam. https://journal.salahuddinal-ayyubi.com/index.php/AHJP/issue/archive

Kartika, I. (2024). Strategi Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. In Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 5, Issue 1).

Ketut, O., Sastrawan, B., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (n.d.). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Kiptyah, N. M. (2023). Manajemen Berbasis Madrasah. Pusdiklat Tenaga Administrasi.Lumban Gaol, N. T., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73

Moradi Korejan, M., & Shahbazi, H. (2016). An analysis of the transformational leadership theory. Journal of Fundamental and Applied Sciences, 8(3), 452. https://doi.org/10.4314/jfas.v8i3s.192

Mustopa, A. M. Y. S., & Iswantir, I. (2023). Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Jurnal Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i1.1565

Nanang Basuki. (2023). Mengoptimalkan Modal Manusia: Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Efektif Untuk Pertumbuhan Organisasi Yang Berkelanjutan. In KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen (Vol. 4, Issue 2).

Nufus, E. A., & Riyanto, Y. (2024). Strategi dan pendekatan kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Nurrohmah, A., Hayati, R., Mafatihudin, K., Widiatmoko, L., Khairunnisa, W., Azzuhroh, Z., Humairo, Z., Tinggi, S., Islam, A., Ulama, N., Stainu, (, & Purworejo, ). (2024). Peningkatan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Pagi Religi Di Smk N 3 Purworejo. Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 3. https://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/pai

Peka, Y., Yohana Indah, E., & Misa, D. (2025). Perubahan Kurikulum dalam Sistem Pendidikan Indonesia Perspektif Historis dan Tantangan Implementasinya.

Puspasari, M. D. (2023). Penerapan Kepemimpinan Transformasional dalam Pengelolaan Madrasah Modern. https://doi.org

Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. https://jpion.org/index.php/jpi44Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Rahayu, S. I., & Abbas, N. (2024). Analisis Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen. https://attractivejournal.com/index.php/bce/

Rao, N., & Hossain, M. I. (2011). Confronting poverty and educational inequalities: Madrasas as a strategy for contesting dominant literacy in rural Bangladesh. International Journal of Educational Development, 31(6), 623–633. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2011.01.012

Rini Setyaningsih. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah/Sekolah (MBM/MBS) Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003.Rohayani, F. (2025). Integrasi Ajaran Filsafat Agama Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Toleransi Dan Empati. https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/

Sabara, R. , & R. (2025). Model Pendidikan Agama Islam Dalam Kajian Multidisipliner Di Madrasah. Integrative Perspectives of Social and Science Journal.

Sagala, S. (2015). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 22(2).

Sapiudin, & Abuddin Nata. (2016). Model Pembelajaran Ilmu Ushûl Fiqh di Jurusan Pendidikan Agama Islam (Analisis Penerapan Model Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah).

Sastraatmadja, A. H. M. , A. N. U. B. , P. A. L. , A. M. , S. M. , Y. D. , S. R. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. .

Sada Kurnia Pustaka.Sayyidul Abrori, M., &

Nurkholis, M. (2019). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed Muhammad. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6, Issue 1).

Siagian, & Noryani. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Efektivitas Organisasi Pendidikan.

Siregar, I. L., & Susilowati, S. R. (2024). Peran Inovasi Pendidikan Dalam Menjaga Masa Depan.

Solih, M. J. (2025). Mengeksplorasi Literasi Digital pada Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Suweko, H., & Dwiantoro, L. (2020). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Perawat: Literature Review. In Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (Vol. 11, Issue 1).

Variani, H., & Al Qadri, H. (2024). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap pengembangan sumber daya manusia di sebuah satuan pendidikan. In Academy of Education Journal (Vol. 15, Issue 1). Online.

Wahyuningtyas, P. (2021). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Mts Negeri 1 Ponorogo. In Excelencia Journal of Islamic Education & Management (Issue 2).

Wulandari, F. C., Kirom, A., Mohtarom, A., & Yusuf, A. (2024). Tradisional ABC Lima Dasar pada Pembelajaran PAI di SMK Al-Fudlola’ Porong Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1472–1482. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2762

Yakob, M., Sahudra, T. M., & Sukirno, S. (2025). Transformational Leadership of Principals: Driving Excellence in Education Quality. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6887

Downloads

Published

2025-10-07

How to Cite

Fahrub, A. W., Chailani, M. I. ., Latifah, K. ., Arifin , Z. ., & Ardiansyah, D. . (2025). Inovasi Manajemen dan Kepemimpinan Transformatif Kelembagaan PAI. Journal of Nusantara Education, 5(1), 22–39. https://doi.org/10.57176/jn.v5i1.175