Media Pembelajaran Teknologi Permainan Dinding Kata dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Husaini Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Uci Dwi Cahya Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Weni Astari Universitas Sains Cut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v5i1.188

Keywords:

ipa, media pembelajaran, permainan, siswa, word wall

Abstract

 Penggunaan media pembelajaran yang konvensional dan tidak variatif menyebabkan siswa kurang bersemangat dan akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda alam. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa di SD Negeri Bukit Tiga tahun ajaran 2023/2024, yaitu 21 siswa VA pada kelas eksperimen dan 20 siswa VB pada kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan soal tes objektif untuk mengukur hasil belajar pada materi perubahan wujud benda alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan Wordwall dengan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen sebesar 85,71 dan kelas kontrol sebesar 73,75. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,003. Nilai Sig (2-tailed) ini < α (0,05). Artinya, terdapat perbedaan skor posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini telah memberikan berkontribusi terhadap pembelajaran IPA di SD Negeri Bukit Tiga dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa

_______________________________________________________________________________________

Learning can be seen from the atmosphere of the class and the interaction between the teacher and students. The use of conventional and unvaried learning media causes students to be unenthusiastic and will affect student learning outcomes. This research aims to determine the influence of Wordwall learning media on student learning outcomes on the topic of changes in natural appearance. This research method is a quantitative method. Sampling used a purposive sampling technique with a total sample of 41 students at SD Negeri Bukit Tiga for the 2023/2024 academic year, namely 21 VA students in the experimental class and 20 VB students in the control class. Data was collected using objective test questions to measure learning outcomes on changes in natural appearance. The research results showed that there was an increase in student learning outcomes after learning using Wordwall with student learning outcomes based on the average posttest score for the experimental class of 85.71 and the control class of 73.75. As for the results of hypothesis testing using the Mann-Whitney test, there is a Sig (2-tailed) result of 0.003. This Sig (2-tailed) value is < α (0.05). This means that there is a significant difference in posttest scores between the experimental class and the control class. It can be concluded that there is an influence of the Wordwall learning media on student learning outcomes in the periodic system of elements material. This research has contributed to science learning at Bukit Tiga State Elementary School and can be used as another learning medium to improve students' learning abilities.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.

Anggraeni, I., Prasetyowati, D., & Ayu, A. A. S. C. (2024). Penerapan media Wordwall terhadap minat belajar pada pembelajaran IPAS siswa kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 34271–34275.

Anggrainy, S. (2024). Penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Cahya, U. D. (2023). Implementation of English language using PGR metode. Journal of Applied Language and Literacy Studies, 2(2).

Habsy, B. A., Ivonesa, A. A. S., Islami, I. F., & Yusel, M. S. (2024). Konsep guru sebagai profesi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(6).

Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., Cici, & Bety, F. (2022). Pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2580–2586.

Jauza, N. A., & Albina, M. (2025). Penggunaan media pembelajaran kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 15–23.

Latif, A., Rohmiyanti, W., Syafira, I., Wahiddatul, S., & Haryanto, A. D. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI, 809–826.

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa MAN 1 Lamongan. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2).

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Rajwa, J., Alviyani, N., Putri, F. E., Walliyana, & Kusumaningati. (2023). Pembelajaran materi IPA & edukasi pada siswa/i di SDIT An-Nuriyah Jakarta. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–7.

Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1).

Sari, A. P., & Setiawan, A. (2018). The development of internet-based economic learning media using Moodle approach. International Journal of Active Learning, 3(2).

Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi game Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(1), 1–8.

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya membangun kedisiplinan melalui media pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU, 6(2).

Suprihartini, L., Rinaldi, H., Saputra, H. M., Sulaiman, Tandra, R., & Krisandi, S. D. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi dasar penelitian bagi mahasiswa sekota Pontianak. Jurnal Publikasi Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM) POLNEP, 3(1), 2774–4736.

Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Astrid, Oktafiani, W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan sarana multimedia dan media internet sebagai alat pembelajaran yang efektif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1365–1375.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Shofiah, T., Nurazizah, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Husaini, Cahya, U. D., & Astari, W. (2025). Media Pembelajaran Teknologi Permainan Dinding Kata dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Journal of Nusantara Education, 5(1), 155–163. https://doi.org/10.57176/jn.v5i1.188