Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Surakarta

-

Authors

  • Adi Nur Triyanto SMA Muhammadiyah 6 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.85

Keywords:

pembelajaran, bahasa Indonesia, pendekatan kontekstual, keterampilan menulis, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Pembelajaran Kontekstual diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, penugasan, observasi dan wawancara. Tes dan penugasan digunakan untuk mengumpulkan data berisi hasil capaian siswa selama proses pembelajaran, sedangkan observasi digunakan untuk mengamati dan mengumpulkan data tentang keterlaksanaan tindakan setiap siklus. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa minat dan kesan siswa terhadap guru serta model pembelajaran yang digunakan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah Siklus I dan nilai Siklus II. Analisis data dilakukan dari data yang diperoleh dengan menggunakan dua jenis analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang berupa nilai tes atau berupa angka sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk mengolah data yang berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerpen, hal itu dapat ditunjukkan adanya peningkatan nilai dari pra siklus yang memiliki rerata 70,70 dengan kategori kurang. Pada Siklus I dengan rerata 73,70 dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan rerata 78,07 dengan kategori cukup. Di samping terdapat perubahan pencapaian dalam bentuk nilai, juga terlihat adanya perubahan suasana pembelajaran di kelas yang lebih aktif dan kreatif.

___________________________________________________________________________________

This study is aimed at enhancing the students’ short story writing skill for the 11th grade students at SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Contextual teaching and learning were employed. Classroom Action Research (CAR) containing of two cycles was applied. Each cycle covered planning, action, observation, and reflection. The data collections were from the test, assignment, observation, and interview. The test and assignment were to assess the students’ achievement progress during the learning process, and the observation was to observe and collect the data on each cycle’s implementation. The interview was to collect the data regarding the students’ interest and impression on the teacher, and the learning model being applied. Descriptive comparative analysis method was employed to compare the students’ pre-score and post-cycle I and cycle II score. The data was both analyzed quantitatively and qualitatively. The quantitative data reflected the data on the students’ score, while the qualitative one consisted of the data obtained from the observation and interview. The result of the study showed the enhancement of the students’ short story writing skill that it reflected from the students’ pre-cycle score with the average of 70.70 (categorized as low), post-cycle I score with the average of 73.70 (categorized as moderate), and post-cycle II score with the average of 78.07(categorized as moderate). In addition, employing contextual teaching and learning aimed at enhancing the students’ story writing skill is considered as able to build the students’ activeness and creativity during the learning process.            

References

Aminudin. (2009). Pandai Memahami dan Menulis Cerpen. Bandung: P.T. Pribumi Mekar.

Anggoro, Toha. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anindyarini, Atika dkk. (2008). Bahasa Indonesia untuk SMP / MTs Kelas IX. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ardiana, Leo Indra dkk. (2002). Menulis dalam Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Cisca (Ed). (2011). Ejaan Yang Disempurnakan. Yogyakarta: Cabe Rawut

Jihad, Asep dan Abdul haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Johnson B, Elaine. (2006). Contextual Teaching and Learning. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: MLC.

Kencono, Desy Retno dkk. (1992). Pelajaran Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia SMP. Surabaya: Kendang Sari.

Kosasih, E.(2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: P.T. Perca.

------------. (2012). Dasar-dasar keterampilan bersastra. Bandung: C.V. Yrama Widya.

Kristiyani, Ary. (2008). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Litera, 8(1), Yogyakarta: UNY.

Kusmayadi, Ismail. (2009). Penulisan Laporan. Solo: Tiga Serangkai.

Matong, A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Dengan Pendekatan Kontektual Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Lembor Tahun Pelajaran 2019/2020. The Journal of Humanities and Applied Education, 1(1), 19-28.

Muryati, Sri dan Dewi Kusumaningsih. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sukoharjo: Universitas Veterang Bangun Nusantara.

Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang.

Pranoto, Naning. (2007). Creative Writing Jurus Menulis Cerita Pendek. Jakarta: Raya Kultura.

Pujiati, Suyoto dan Jim Rahmina. (1998). Materi Pokok Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohmadi, Muhammad dan Yakub Nasucha. (2010). Paragraf: Pengembangan & Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rohmadi, Muhammad dan Slamet Subiyantoro. (2011). Model-model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rosidi, Imron. (2009). Menulis . . . Siapa Takut? Panduan Bagi Penuls Pemula. Yogyakarta: Kanisius.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

-----------. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Silberman, Melvin L. (2002). Active Learning. Yogyakarta: Yappendis.

Situmorang, Ade Friska dkk. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX di SMP Swasta Hkbp Sidikalang Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Indonesia, 3(2), 55-59.

Sudjana, Nana. (1992). Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Rosda Karya.

Sufanti, Main. (2010). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.

Suharianto. (1982). Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.

Thahar, Harris Effendi. (2008). Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa

Tiara, Novita Msy. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menggembangkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa IX A di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Zaini, Hisyam dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Triyanto, A. N. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Surakarta : -. Journal of Nusantara Education, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.85

Issue

Section

Articles