Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya

Authors

  • Hidar Amaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Keywords:

Problematika, IPS, Kontekstual, Terpadu, Multikultural

Abstract

IPS harusnya dipandang secara komprehensif, yaitu secara teoretis maupun praktis yang berkontribusi langsung dalam kehidupan siswa. Namun praksis pembelajaran IPS tentu tidak lepas dari berbagai macam problematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review, yaitu studi yang dilakukan dengan mengkaji literatur-literatur terkait, untuk menjawab masalah yang ada. Terdapat beberapa macam problematika dalam pembelajaran IPS, terutama terkait minimnya wawasan guru yang mengakibatkan IPS tidak diajarkan secara terpadu, tidak adanya inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran, yang berujung kepada rendahnya minat belajar siswa terhadap IPS. Maka dari itu guru menghadirikan IPS tidak secara terpisah-pisah, kontekstual, multikultural dan bermakna, dengan menggunakan pendekatan belajar secara kontekstual yang bersumber dari lingkungan terdekat siswa. Selain itu, model pembelajaran yang menstimulus jiwa eksplorasi dan nalar kritis siswa. Nilai-nilai karakter diinternalisasikan dalam setiap proses pembelajaran IPS.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Amaruddin, H. (2023). Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya. Journal of Primary Education, 1(01). Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/5

Issue

Section

Articles