Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya

Authors

  • Hidar Amaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.5

Keywords:

Problematika, IPS, Kontekstual, Terpadu, Multikultural

Abstract

IPS harusnya dipandang secara komprehensif, yaitu secara teoretis maupun praktis yang berkontribusi langsung dalam kehidupan siswa. Namun praksis pembelajaran IPS tentu tidak lepas dari berbagai macam problematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review, yaitu studi yang dilakukan dengan mengkaji literatur-literatur terkait, untuk menjawab masalah yang ada. Terdapat beberapa macam problematika dalam pembelajaran IPS, terutama terkait minimnya wawasan guru yang mengakibatkan IPS tidak diajarkan secara terpadu, tidak adanya inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran, yang berujung kepada rendahnya minat belajar siswa terhadap IPS. Maka dari itu guru menghadirikan IPS tidak secara terpisah-pisah, kontekstual, multikultural dan bermakna, dengan menggunakan pendekatan belajar secara kontekstual yang bersumber dari lingkungan terdekat siswa. Selain itu, model pembelajaran yang menstimulus jiwa eksplorasi dan nalar kritis siswa. Nilai-nilai karakter diinternalisasikan dalam setiap proses pembelajaran IPS.

References

Afrina, A., Abbas, E. W., & Susanto, H. (2021). The Role of Historical Science in Social Studies Learning Materials for Increasing Values of Student’s Nationalism. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3769

Aliviameita, A., & Puspitasari. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah.

Asmahasanah, S., Ibdalsyah, I., & Sa’diyah, M. (2018). Social Studies Education in Elementary Schools Through Contextual REACT-Based on Environment and Sociopreneur. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(6), 52. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i6.487

Asnawi, Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2018). Analysis of Social Studies Material in Primary School Curriculum. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(4), 4573–4576. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i4.05

Dole, B. F., Wahjoedi, W., & Degeng, N. (2020). Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Berorientasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Belantika Pendidikan, 3(1), 16–23. https://doi.org/10.47213/bp.v3i1.81

Fitchett, P. G., Heafner, T. L., & VanFossen, P. (2014). An Analysis of Time Prioritization for Social Studies in Elementary School Classrooms. Journal of Curriculum and Instruction, 8(2). https://doi.org/10.3776/joci.2014.v8n2p7-35

Garcia, C. E. (2021). The Role of Social Studies Course in the 21st Century Society: Perspective from Educators. Journal of World Englishes and Educational Practices (JWEEP), 3(1), 11–22. https://doi.org/10.32996/jweep

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan Ips Di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493

Iskandar, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Komik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 237–246.

Johnson, A. (2013). Defining Social Studies. Making Connections in Elementary and Middle School: Social Studies, January, 3–24. https://doi.org/10.4135/9781452275130.n1

Kartal, A. (2020). An overview of social studies in primary education: A meta synthesis study. Education and Science, 45(203), 123–151. https://doi.org/10.15390/EB.2020.8678

Kurniawan, G. F. (2022). JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial: Strategi memahami dan perbaikan kesalahan konsep Oleh. 9(1), 64–78.

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3051

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Buku Konsep Dasar IPS Dr. Eka Susanti.

Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987

Octaviyantari, N. L. A., Suarni, N. K., & Widiana, I. W. (2020). Improving Social Studies Learning Outcomes Through Group Investigation Learning Model Assisted with Audio-Visual Media. Journal of Education Technology, 4(3), 349. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25245

Perdana, D. I. (2016). Kurikulum Dan Pendidikan Di Indonesia Proses Mencari Arah Pendidikan Yang Ideal di Indonesia atau Hegemoni Kepentingan Penguasa Semata? Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 63. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23412

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78.

Rasidi, M. A., & Setiawati, F. A. (2015). Faktor-Faktor Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di SD Kota Mataram. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 155. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6504

Sari, A., Raharjo, T. J., & Utomo, C. B. (2017). Learning Relevance IPS against Student Social Interaction in Multicultural Scope on Junior High School Remaja Parakan. Journal of Educational Social Studies, 6(2), 135–142.

Sugiyarti, S., & Ardiansah, F. (2020). Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ips Di Sd Se-Kota Pangkalpinang. Jurnal JPSD, 7(2), 1–8.

Sugiyarti, S., & Ardiansyah, F. (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal JPSD, 3(1), 1–8.

Susilowati, A. (2022). Kesulitan Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Amaruddin, H. (2023). Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya. Journal of Primary Education Research, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.5