Peran Orang Tua Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas IV SD NU Pemanahan

Authors

  • Wahyu Hidayah Supandi Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Hidar Amaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Keywords:

Perang Orang Tua, Membaca, Slow Learner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing kemampuan membaca siswa slow learner kelas 4 SD NU Pemanahan. Metode penelitian yang di pakai adalah kualitatif studi kasus, penelitian dilakukan di SD NU Pemanahan, informan dalam penelitian ini terdiri dari lima siswa di kelas IV dan lima wali siswa, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, tehnik pengumpulan. Data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles and Huberman melalui Langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua mengalami kesulitan dalam membimbing kemampuan membaca dan menangani anak yang mengalami lamban belajar, serta orang tua sudah menfasilitasi belajar anak dengan cara dikursuskan supaya lancar membaca dan didampingi saat belajar membaca, selain itu orang tua berupaya memberikan dorongan untuk belajar membaca supaya memperoleh hasil atau tujuan yang diinginkan.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Supandi, W. H., & Amaruddin, H. (2023). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas IV SD NU Pemanahan . Journal of Primary Education Research, 1(01). Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/6

Issue

Section

Articles