Peran Orang Tua Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas IV SD NU Pemanahan

Authors

  • Wahyu Hidayah Supandi Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Hidar Amaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.6

Keywords:

Perang Orang Tua, Membaca, Slow Learner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing kemampuan membaca siswa slow learner kelas 4 SD NU Pemanahan. Metode penelitian yang di pakai adalah kualitatif studi kasus, penelitian dilakukan di SD NU Pemanahan, informan dalam penelitian ini terdiri dari lima siswa di kelas IV dan lima wali siswa, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, tehnik pengumpulan. Data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles and Huberman melalui Langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua mengalami kesulitan dalam membimbing kemampuan membaca dan menangani anak yang mengalami lamban belajar, serta orang tua sudah menfasilitasi belajar anak dengan cara dikursuskan supaya lancar membaca dan didampingi saat belajar membaca, selain itu orang tua berupaya memberikan dorongan untuk belajar membaca supaya memperoleh hasil atau tujuan yang diinginkan.

References

Amelia, W. (2016). Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.30604/jika.v1i2.21

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Ayudia, I., Haqqi, A., & Munthe, S. T. (2021). Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib, 2, 23–32.

https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/47%0Ahttps://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/download/47/39

Boiliu, F. M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247–255.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Irdawati, Y., & Darmawan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.

Kemendikbud. (2017). PANDUAN GERAKAN LITERASI NASIONAL. Tim GLN.

Khiyarusoleh, U., Anis, A., & Yusuf, R. I. (2020). Peran Orang Tua Dan Guru Pembimbing Khusus dalam Menangani Kesulitan Belajar Bagi Anak Slow Learner. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 238–244. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295

Kurniawati, U. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 40–50.

Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468

Murniyanti, & Suyadi. (2021). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 177–192. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam

Mustika, D., & Riau, U. I. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. 1, 361–372.

Mutmainah. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus di Sekolah dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 6–11. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/1038

Novrinda, Kurniah Nina, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Nurfadhillah, S., Anjani, A., Devianti, E., Nursiah, Suci Ramadhanty, N., & Amalia Mufidah, R. (2021). Lamban Belajar (Slow Learner) dan Cepat Belajar (Fast Learner). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 416–426. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurfadhillah, S., Septiarini, A. A., Mitami, M., & Pratiwi, D. I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di Sekolah Dasar Negeri Cipete 4. Alsys, 2(6), 646–660. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i6.623

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Nurrahmawati, A. (2017). Studi Kasus tentang Motivasi Belajar Siswa Slow Learner di Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 281–288.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Prambudi, S., & Hoiriyah, N. (2020). Penerapan Teori Operant Conditioning B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(2), 58–66. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/download/3922/2810/

Prastowo, A. (2011). metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. AR-RUZZ MEDIA.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607

Saddam Husein, K. H. S. J. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 33. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.882

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 90–99. https://media.neliti.com/media/publications/284534-konsep-dasar-gerakan-literasi-sekolah-pa-c73ded5b.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Utami, N. E. B. (2019). Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 271–290. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.164

Widia Ningsih, P., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Supandi, W. H., & Amaruddin, H. (2023). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas IV SD NU Pemanahan . Journal of Primary Education Research, 1(01), 17–23. https://doi.org/10.57176/primer.v1i01.6