Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Metode Pembelajaran Luar Ruang di Kelas 6 MIQ Mathla'ul Huda Ambarawa

Authors

  • Ahmad Zainuri STIT Pringsewu
  • Mukminatuz Zahro STIT Pringsewu
  • Miftahul Jannah STIT Pringsewu

Keywords:

Ekosistem, Metode Outdoor Learning, Peran Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian berikut ialah dalam rangka mengkaji dan menjelaskan peran guru dalam melaksanakan pendidikan sains ekosistem melalui kegiatan pendidikan yang memanfaatkan metode pembelajaran di luar ruangan. Peran seorang guru bisa sebagai berikut: mereka merencanakan proses pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan penilaian pasca-pembelajaran, semuanya dalam kerangka proses pembe-lajaran. Dengan pendekatan ini, siswa bisa terlibat dalam pembelajaran langsung, mengekspresikan diri dalam lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga memungkinkan mereka dalam rangka mengkaji layanan ekosistem, terutama peran hewan dalam sumber makanan mereka. Masalah penelitian dalam riset berikut ialah untuk mendeskripsikan bagaimana guru berkontribusi dalam pengajaran ilmu lingkungan menggunakan pendidikan luar ruangan di sekolah dasar. Riset berikut sifatnya positif. Riset berikut dilakukan di MIQ Matla’ul Huda Ambarwa. Data dalam riset berikut meliputi data primer dan sekunder. Proses pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Proses analisis data ialah model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh bisa diasumsikan bahwa implementasi pendidikan ilmu lingkungan melalui pendidikan luar ruang di MIQ Matla Al-Huda Ambarwa telah berhasil.

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Zainuri, A., Zahro , M. ., & Jannah, M. (2025). Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Metode Pembelajaran Luar Ruang di Kelas 6 MIQ Mathla’ul Huda Ambarawa. Journal of Primary Education Research, 3(2), 1–8. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/47