Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Inklusif bagi Siswa Autisme di Tingkat Sekolah Menengah Pertama
Keywords:
Pendidikan Inklusif, Siswa Autisme, Strategi guruAbstract
Pendidikan inklusif bertujuan memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua peserta didik, termasuk siswa dengan autisme yang memiliki kebutuhan dan karakteristik belajar khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengelola kelas inklusif bagi siswa autisme di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru serta siswa, termasuk dua siswa autisme ringan dan dua teman sekelasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP secara individual dan fleksibel, menyesuaikan tujuan, materi, metode, media, serta evaluasi pembelajaran. Strategi pelaksanaan meliputi penggunaan media visual, instruksi sederhana, serta penguatan positif. Guru juga mengelola lingkungan fisik kelas dan memberikan dukungan sosial-emosional, baik secara langsung maupun melalui program peer support. Hasilnya, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif, kemandirian, serta kemampuan sosial dan komunikasi siswa autisme di kelas inklusif.








