Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Inklusif bagi Siswa Autisme di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Septiany Winata Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Siswa Autisme, Strategi guru

Abstract

Pendidikan inklusif bertujuan memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua peserta didik, termasuk siswa dengan autisme yang memiliki kebutuhan dan karakteristik belajar khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengelola kelas inklusif bagi siswa autisme di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru serta siswa, termasuk dua siswa autisme ringan dan dua teman sekelasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP secara individual dan fleksibel, menyesuaikan tujuan, materi, metode, media, serta evaluasi pembelajaran. Strategi pelaksanaan meliputi penggunaan media visual, instruksi sederhana, serta penguatan positif. Guru juga mengelola lingkungan fisik kelas dan memberikan dukungan sosial-emosional, baik secara langsung maupun melalui program peer support. Hasilnya, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif, kemandirian, serta kemampuan sosial dan komunikasi siswa autisme di kelas inklusif.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Winata, S. (2025). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Inklusif bagi Siswa Autisme di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Primary Education Research, 3(2), 32–37. Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/53