Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA di SD

Authors

  • Wahyu Nugroho Universitas Palangka Raya
  • Adhy Putri Rilianti STKIP AL Hikmah Surabaya
  • Tiok Wijanarko Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pengembangan Media, Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran sains di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Banguntapan Bantul. Peneltiian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (development research) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian dilakukan dengan langkah: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk media dan validasi, uji coba individu, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, revisi akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil Penelitian menunjukan skor rata-rata validasi materi 4,54 dengan kategori sangat baik dan validasi ahli media 4,13 dengan kategori baik. Berdasarkan Hasil uji coba lapangan awal mendapat skor rata-rata 4,69, uji coba lapangan 4,09, uji pelaksanaan lapangan 4,21. Pada uji coba lapangan termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil uji coba tersebut multimedia pembelajaran sains yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran sains.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Nugroho, W., Rilianti, A. P. ., & Wijanarko, T. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(01). Retrieved from https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/7

Issue

Section

Articles