Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Leaflet dalam meningkatkan Kemampuan Menghitung Operasi Pecahan di Sekolah Dasar
Keywords:
Bahan Ajar Leaflet, kemampuan berhitung, operasi hitung pecahanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan pada bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan biasa. Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar cetak berbasis Leaflet, 2) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar cetak berbasis Leaflet, 3) untuk mengetahui keefektifitasan bahan ajar cetak berbasis Leaflet dalam meningkatkan kemampuan menghitung operasi pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digujnakan sebagai salah satu sumber belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan biasa. Berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh nilai 98 %, kemudian hasil penilaian ahli desain sebesar 86%. Selanjutnya, penilaian dari respon guru memperoleh nilai 96%. Bahan ajar cetak berbasis Leaflet ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan menghitung operasi pecahan yang diperoleh dari hasil perbandingan nilai pre-test dan post-test saat menggunakan bahan ajar berbasis Leaflet. Nilai rata-rata pada pre-test diperoleh sebesar 39,49. Sedangkan, nilai rata-rata pada post test diperoleh nilai sebesar 66,46. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Leaflet efektif dalam meningkatkan kemmapuan menghitung operasi pecahan. Kemudian, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif dan dapat memberikan pengalaman belajar serta meningkatkan kemampuan menghitung anak usia dasar melalui bahan ajar cetak berbasis Leaflet